MEMBANGUN LITERASI DIGITAL SISWA EDUKASI TENTANG KONTEN TANPA FILTER DI TIKTOK
Main Article Content
Abstract
Perkembangan media sosial yang pesat menyebabkan penggunaan internet pada era sekarang menjadi sangat terbuka, dengan minimnya proses penyaringan terhadap konten yang beredar. Terlebih di era saat ini, di mana kepemilikan smartphone sudah menjadi hal yang umum di berbagai kalangan usia, sehingga penggunaan media sosial oleh anak-anak usia sekolah dasar semakin meningkat, terutama aplikasi TikTok yang menyajikan berbagai konten tanpa filter. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran terhadap dampak negatif yang dapat mempengaruhi pola pikir, perilaku, dan karakter siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa kelas 5 SDN Panyaweuyan, Desa Ciherang mengenai bahaya serta dampak konten tanpa filter di TikTok. Metode pelaksanaan melibatkan aktivitas kegiatan edukatif berupa sosialisasi literasi digital. Sosialisasi dilakukan dengan presentasi menggunakan PowerPoint disertai gambar dan ilustrasi lucu untuk menarik perhatian, serta pemutaran video berisi contoh konten positif dan negatif. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yang melibatkan 51 siswa sebagai peserta. Di akhir sesi, siswa diberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman materi sosialisasi, dan siswa yang menjawab dengan benar diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa antusias mengikuti seluruh sesi, lebih memahami perbedaan antara konten yang layak dan tidak layak, serta pentingnya pendampingan orang tua saat menggunakan media sosial. Sebagian besar siswa mengaku belum pernah mendapat edukasi terkait hal ini. Kesimpulannya, pendekatan edukatif yang menyenangkan dan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran literasi digital sejak usia dini agar anak-anak lebih bijak dalam menggunakan media sosial, khususnya TikTok.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
A'yun, Q., & Kusmajid. (2024). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Siswa Kelas V di SDN Sunter Jaya 03.
https://dinastirev.org/JMPIS/article/download/2526/1484/9285
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar
https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/30508
Fatmawati, Rondli, & Hilyana. (2023). Analisis Dampak Pengunaan Media Sosial TikTok Pada
Perilaku Moral Anak Kelas V Sekolah Dasar.
https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1683/1422
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah.
https://journal.faibillfath.ac.id/index.php/ibtida/article/view/300
Putri, F. A., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 02.
https://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/16260/7364
Siahaan, C., Laila, P. A., & Adrian, D. (2022). Studi Literatur: Media Sosial “Tiktok” Dan Pembentukan Karakter Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4939-4950. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8142

