Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Produk Kaos Oversize dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Scenic Apparel
Main Article Content
Abstract
The use of an effective and appropriate communication strategy by a company can increase sales figures, thereby enabling the organization or company to achieve its goals in accordance with the set targets. The rapid development of technology over time has driven a digital revolution, which has had a significant impact on various aspects of business marketing. As a business that started on a small scale, Scenic Apparel began its sales through online platforms such as e-commerce stores or social media. This research aims to analyze the digital marketing strategies implemented by Scenic Apparel to increase brand awareness of oversized clothing products. The theories used in this study include marketing communication theory and digital marketing theory. The approach used is a qualitative approach with a case study method. Data were collected through in-depth interviews, observations, and documentation, with data analysis using the Miles & Huberman technique. To ensure the accuracy of the data obtained, the researcher applied the triangulation technique of data sources. The results of the study indicate that through the use of social media and digital-based promotions, Scenic Apparel can directly interact with consumers, create an enjoyable shopping experience, and build strong emotional connections. By focusing on innovative design and sustainability, the company has successfully differentiated itself from competitors, increased brand awareness, and created high consumer loyalty.
Penggunaan strategi komunikasi yang efektif dan tepat oleh sebuah perusahaan dapat meningkatkan angka penjualan, sehingga tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Perkembangan pesat teknologi dari waktu ke waktu mendorong terjadinya revolusi digital, yang berdampak besar pada berbagai aspek dalam pemasaran bisnis. Sebagai bisnis yang dimulai dari skala kecil, Scenic Apparel memulai penjualannya melalui platform online seperti toko e-commerce atau media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Scenic Apparel dalam meningkatkan kesadaran merek produk pakaian oversize. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori komunikasi pemasaran dan teori pemasaran digital. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman. Untuk memastikan keakuratan data yang diperoleh, peneliti menerapkan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media sosial dan promosi berbasis digital, Scenic Apparel dapat berinteraksi langsung dengan konsumen, menciptakan pengalaman berbelanja Kiwari EISSN 2827-8763 Vol. 4, No. 2, Juni 2025, Hal 373-383 374 yang menyenangkan, serta membangun hubungan emosional yang kuat. Dengan fokus pada desain inovatif dan keberlanjutan, perusahaan berhasil membedakan dirinya dari pesaing, meningkatkan kesadaran merek, dan menciptakan loyalitas konsumen yang tinggi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Aliansyah, M. R., & Ali, D. S. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). e-Proceeding of Management.
Andrianus, C., & Rusdi, F. (2024). Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Instagram @Hyundai.Aristagroup. Kiwari, 3(2), 287-297.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Seventh Edition. UK: Pearson.
Deiss, R., & Henneberry, R. (2020). Digital Marketing For Dummies. John Wiley & Sons.
Ekadjaja, M., & Siswanto, H. P. (2021). Strategi dan Implementasi Digital Marketing Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia.
Hamdani, Y. (2019). Strategi Digital Marketing PT. Indosat Ooredoo Medan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Interaksi.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2016). Marketing 4.0: Moving From Traditional to Digital. Wiley.
Lamirin, Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital Dan Perkembangan Mental DI Provinsi Riau. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Scenic. (2024). Scenic Outfitters. Retrieved from scenicappareldesign.cpm: https://scenicappareldesign.com/
Theresa, J., & Paramita, S. (2023). Pemasaran Digital Pada Media Sosial Akun Instagram Somethinc. Kiwari, 2(4), 613-619.
Thomsen, E., & Setyanto, Y. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus pada Venom Indonesia). Kiwari, 2(2), 251-256.
Tuhuteru, A., & Sukmawati, L. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran (Suatu Perencanaan Komunikasi Pemasaran pada PT. Quipper Edukasi Indonesia). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi