Pengaruh Konten Somethinc terhadap Perilaku Konsumtif
Main Article Content
Abstract
In the constantly changing digital landscape, TikTok has emerged as an essential platform for promoting products and shaping consumer habits. With features such as TikTok Live, TikTok Shop, and TikTok Stories, brands are able to engage directly with their audiences and streamline the purchasing process. Somethinc, a skincare company, utilizes TikTok to engage consumers with innovative content. The aim of this research is to examine how Somethinc's product-related content on TikTok impacts consumer behavior. Employing theories of marketing communication, content marketing, and consumer behavior, this study adopts a quantitative methodology along with probability sampling techniques, involving 100 participants who follow Somethinc’s official TikTok account and have made purchases of their products. The outcome of the T test indicates that the significant value for variable X (Content Marketing) in relation to variable Y (consumptive behavior) is 0.00, which is less than 0.05, leading to the conclusion about the variable's impact. The findings reveal that Somethinc's TikTok content significantly influences consumer behavior, with a determination value of 67.1%, underscoring the importance of quality, appeal, and content delivery methods in affecting consumer purchasing choices.
Dalam lanskap digital yang terus berubah, TikTok telah muncul sebagai platform penting untuk mempromosikan produk dan membentuk kebiasaan konsumen. Dengan fitur-fitur seperti TikTok Live, TikTok Shop, dan TikTok Stories, merek dapat terlibat langsung dengan audiens mereka dan menyederhanakan proses pembelian. Somethinc, sebuah perusahaan perawatan kulit, menggunakan TikTok untuk melibatkan konsumen dengan konten yang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana konten terkait produk Somethinc di TikTok memengaruhi perilaku konsumen. Dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran, pemasaran konten, dan perilaku konsumen, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel probabilitas, yang melibatkan 100 partisipan yang mengikuti akun TikTok resmi Somethinc dan telah melakukan pembelian produk mereka. Hasil dari uji T menunjukkan bahwa nilai signifikan untuk variabel X (Content Marketing) dalam kaitannya dengan variabel Y (perilaku konsumtif) adalah 0,00, yang kurang dari 0,05, yang mengarah pada kesimpulan tentang dampak variabel tersebut. Temuan ini mengungkapkan bahwa konten TikTok Somethinc secara signifikan memengaruhi perilaku konsumen, dengan nilai determinasi sebesar 67,1%, menggarisbawahi pentingnya kualitas, daya tarik, dan metode pengiriman konten dalam memengaruhi pilihan pembelian konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Al Awlaqi, H. A. S. M., & Ghozali, I. (2023). Is Oral Communication Apprehension Reasonable?: A Study On Sociocultural Factors Among Indonesian EFL Learners. Reila : Journal Of Research And Innovation In Language, 5(3), 252– 265. Https://Doi.Org/10.31849/Reila.V5i3.16634
Fathoni, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Fitur Instagram Stories Dan Interface Design Instagram Terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–3. Https://Ejournal.Gunadarma.Ac.Id/Index.Php/Mediakom/Article/View/1893/0
Marcelyn, A., & Aulia, S. (2023). Marketing Mix (9P) TikTok Shop Erigo Terhadap Minat Beli Konsumen. Prologia, 7(2), 390–397. File:///C:/Users/Lenovo/Downloads/21423_Aviana+Marcelyn,+Sisca+Aulia (2).Pdf
Melinda., L. L. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau(Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–12. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V3/Index.Php/Jurnalilmiahsociety/Article/Downl
oad/38784/35310/82736
Permana, E., Eka Putri, R. S., Alfinda, P. D., & Mardhiyah, M. (2024). Strategi Pemasaran Produk Skincare Somethinc Di Kalangan Generasi Z. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(2). Https://Doi.Org/10.32493/Jpkpk.V7i2.29289
Riyanto, D. A. (2024). Hootsuite (We Are Social): Data Digital Indonesia 2024. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Data-Digital-Indonesia-2024/.
Sabila, T. D. (2021). Pengaruh Pemasaran Konten Terhadap Minat Beli (Survey Pada Followers Online Shop @Riddikuluswear.Id Di Instagram ) [Universitas Komputer Indonesia]. Https://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/5146/
Segarwati, Y., & Rakhmaniar, A. (2023). Pengaruh Promo Shopee Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unpas. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 13(2), 1–13.
Social, S. (2023). The TikTok Social Tool. Https://Susocial.Com/Knowledge Base/The-TikTok-Follow-Tool/
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Udescu, U. (2023). Key TikTok Statistics You Should Know In 2023. Socialinsider. Vincent Antonio, P., Muharsih, L., & Simatupang, M. (2022). KONSEP DIRI DAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN BELANJA ONLINE. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Pejuangan Karawang, 1(3). Https://Journal.Ubpkarawang.Ac.Id/Mahasiswa/Index.Php/Empowerment/Articl e/Download/633/420
Zahra Nabillah, A., Ivan Taruna, H., Raya No, K., Senen, Kecamatan, & Pusat, J. (2023). Pengaruh Media Sosial Promosi, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc ( Studi Kasus Pada Gen-Z Di Jabodetabek). Jurnal Administrasi Bisnis, 3, 1–10.