Mempertahankan Citra Perusahaan dengan Menerapkan Strategi Komunikasi Pemasaran pada Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM)

Isi Artikel Utama

Kevina Cecilia Putri
Yugih Setyanto

Abstrak

In the midst of the era of globalization and increasingly tight competition, corporate image becomes one of the most crucial things and the success of a company. This study aims to identify the marketing communication strategies implemented and the challenges and obstacles faced in maintaining corporate image amidst the competition in the training and certification industry. The main focus of this study is to explore the application of the marketing communication mix consisting of product, price, place, and promotion elements, and its impact on public perception of the P3SM image. The method used by researchers in this study is a qualitative approach with data collection techniques through observation of internal and external stakeholders of the Company and through in-depth interviews. The results of the study indicate that P3SM has optimized the marketing communications mix consisting of advertising in the form of advertisements through print media (brochures, banners, posters) and digital media (Instagram ads and Google ads), Promotion (through social media Instagram, Facebook, YouTube, website), Public Relations (establishing relationships with internal and external parties of the Company), Personal Selling (interpersonal approach with potential partners and at exhibitions), Direct Marketing (contacting via email or telephone). Consistent marketing communication strategies have successfully increased brand awareness and strengthened the positive image of P3SM in the eyes of the public. This study is expected to contribute to the development of marketing communication strategies in training and certification institutions in Indonesia.


Di tengah era globalisasi dan persaingan industri yang semakin ketat, citra perusahaan menjadi  salah satu hal yang paling krusial dan keberhasilan sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan  untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan serta tantangan dan  kendala yang dihadapi dalam mempertahankan citra perusahaan di tengah persaingan industri  pelatihan dan sertifikasi. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan  bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari elemen produk, harga, tempat, dan promosi, serta  dampaknya terhadap persepsi masyarakat terhadap citra P3SM. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi  terhadap pemangku kepentingan internal dan eksternal perusahaan serta melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan, P3SM telah mengoptimalkan bauran komunikasi  pemasaran (marketing communications mix) yang terdiri dari Advertising berupa iklan melalui  media cetak (brosur, banner, poster) dan media digital (Instagram ads dan google ads), Promotion (melalui media sosial Instagram, Facebook, YouTube, website), Public Relations (menjalin relasi  dengan pihak internal dan eksternal Perusahaan), Personal Selling (pendekatan interpersonal  dengan calon mitra dan pada saat pameran), Direct Marketing (menghubungi melalui email atau  telepon). Strategi komunikasi pemasaran yang konsisten berhasil meningkatkan brand awareness  dan memperkuat citra positif P3SM di mata masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat  memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi komunikasi pemasaran pada lembaga  pelatihan dan sertifikasi di Indonesia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adlina, B. T., & Loisa, R. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko. Prologia, 7(1), 44–51. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V7i1.15760

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Anggraini, C., & Setyanto, Y. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia, 3(2), 408. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V3i2.6373

Aprisia, G., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan (Corporate Image) Dan Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Loyality) Natasha Skin Care Di Kota Padang. Jurnal OSF Preprints, 1(1), 1–13.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.57

Arifin, Z., & Vanessa, I. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis., 51(1), 44– 48.

Moha, D. S. & M. I. (2015). Ragam Penelitian Kualitatif. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Octavia, G., & Sari, W. P. (2019). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia, 2(2), 339. Https://Doi.Org/10.24912/Pr.V2i2.3598

Oroh, G. J., Nelwan, O., & Lumintang, G. (2023). Penerapan Marketing Mix 7P Pada Cv.Indocipta Karya Gemilang Leilem. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 465–474. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V11i1.45933

Rachman, R. (2018). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap. 15–16.