Interaksi Komponen Komunikasi Interpersonal oleh Pramusapa di Layanan Transjakarta
Isi Artikel Utama
Abstrak
This research discusses the interpersonal communication interactions of waiters on Transjakarta services. Transjakarta is a public transportation company that is part of a Regional Owned Enterprise (BUMD) with the first Bus Rapid Trans Jakarta transportation system in the Southeast and South Asia region. After operating for 11 years, Transjakarta is actively developing performance, coverage, service quality and sustainability of services. Communication is an important factor in determining the success of a company's services. Therefore, this research aims to find out how the interpersonal communication interactions of waiters in Transjakarta services work. This research uses Interpersonal Communication Theory and uses a qualitative approach with an interview method. The results of the research show that the interpersonal communication interactions of waiters in Transjakarta Services include interpersonal communication components, namely sender-receiver, encodingdecoding, messages, channels, interference, feedback, areas of experience, and effects. Apart from that, equal collaboration between interpersonal communication and consistency in carrying out the company's vision, mission and values is able to create effective interpersonal communication interactions through service by Transjakarta attendants. This is what makes customers feel respected and appreciated.
Penelitian ini membahas interaksi komunikasi interpersonal pramusapa di layanan Transjakarta. Transjakarta merupakan perusahaan transportasi umum yang menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan sistem transportasi Bus Rapid Trans Jakarta pertama di kawasan Asia Tenggara dan Selatan. Setelah beroperasi selama 11 tahun Transjakarta giat mengembangkan kecakapan, lingkup, taraf pelayanan, dan persisten dari layanan. Komunikasi menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pramusapa Transjakarta. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pramusapa Transjakarta meliputi komponen-komponen komunikasi interpersonal, yaitu pengirim-penerima, encoding-decoding, pesan-pesan, saluran, gangguan, umpan balik, bidang pengalaman, dan efek. Selain itu, kolaborasi sepadan antara komunikasi interpersonal dan konsistensi untuk menjalankan visi misi serta nilai perusahaan mampu menciptakan interaksi komunikasi interpersonal yang efektif melalui pelayanan oleh pramusapa Transjakarta. Hal ini lah yang membuat pelanggan merasa dihormati dan dihargai.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Referensi
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Decker, J. (2024). Interpersonal. Ceo, 207–211. https://doi.org/10.5040/9798400624261.ch-028
Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Kyra, A., & Winduwati, S. (2024). Gaya Kepemimpinan Perempuan Pemimpin dalam Membangun Reputasi Perusahaan Mentari Group. 8. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27672
Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pendidikan, 2(1), 241–251.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Setiawan, I., & Winduwati, S. (2020). Aktivitas Komunikasi Interpersonal Barista dalam Mempertahankan Citra Starbucks Chinatown. Koneksi, 4(2), 224. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8095
Sugianto, M. A. K. (2020). Tingkat Ketertarikan Masyarakat Terhadap Transportasi Online, Angkutan Pribadi Dan Angkutan Umum Berdasarkan Persepsi. 1(2), 51– 58.
Sulistyowati, Arini., & Muazansyah, I. (2019). Pemodelan Transportasi Adalah Media Yang Paling Efektif Dan Efisien Yang Dapat Menggabungkan Semua Faktor Tersebut Dan Keluarannya Dapat Digunakan Untuk Memecahkan Permasalahan Transportasi Baik Pada Masa Sekarang Maupun Pada Masa Yang Akan Datang. IAPA Proceedings Conference, 152–165.
Vanessa, B., & Prabantari, K. (2020). Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Transjakarta. Jurnal Transaksi, 12(1), 25–39.