Penyelenggaraan Event Premium Music Experience sebagai Kunci Kepuasan Nasabah Bank OCBC

Main Article Content

Keith Prasethio Chang
Nigar Pandrianto

Abstract

This study examines marketing communication through events that aim to associate products with popular activities such as sports, concerts, bazaars, or festivals. Premium Music Experience (PME) is an exclusive music concert event held by OCBC for its customers as part of its marketing communication strategy. This study aims to measure the influence of PME event marketing communication and event quality on OCBC Bank customer satisfaction. The study uses the theory of marketing communication, event marketing, event quality, and customer satisfaction. A quantitative approach with a correlational method was applied through a questionnaire survey to 100 OCBC customers who had participated in PME. The results of the study indicate that PME event marketing communication has a positive and significant influence on customer satisfaction. In addition, event quality also has a positive and significant influence. These findings confirm that organizing quality events, with effective communication, can meet customer expectations, increase satisfaction, create memorable experiences, and encourage customer loyalty. Such events allow companies to build emotional relationships with customers, improve brand image, and encourage recommendations from customers to other parties. This study provides practical insights for companies in designing event-based marketing communication strategies.


 


Penelitian ini mengkaji komunikasi pemasaran melalui event yang bertujuan mengasosiasikan produk dengan aktivitas populer seperti olahraga, konser, bazar, atau festival. Premium Music Experience (PME) adalah acara konser musik eksklusif yang diadakan OCBC bagi nasabah sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh event marketing komunikasi PME dan kualitas acara (event quality) terhadap kepuasan nasabah Bank OCBC. Penelitian menggunakan teori komunikasi pemasaran, event marketing, event quality, dan kepuasan pelanggan. Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional diterapkan melalui survei kuesioner kepada 100 nasabah OCBC yang pernah mengikuti PME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa event marketing komunikasi PME memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selain itu, event quality juga berpengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa penyelenggaraan acara yang berkualitas, dengan komunikasi yang efektif, dapat memenuhi harapan pelanggan, meningkatkan kepuasan, menciptakan pengalaman berkesan, serta mendorong loyalitas pelanggan. Acara semacam ini memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan emosional dengan nasabah, meningkatkan citra merek, serta mendorong rekomendasi dari pelanggan kepada pihak lain. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi komunikasi pemasaran berbasis event.

Article Details

Section
Articles

References

Ana, D. E., & Zunaidi, A. (2022). Strategi Perbankan Syariah Dalam Memenangkan Persaingan Di Masa Pandemi Covid-19. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1).

Biscaia, R., Yoshida, M., & Kim, Y. (2023). Service quality and its effects on consumer outcomes: a meta-analytic review in spectator sport. In European Sport Management Quarterly (Vol. 23, Issue 3). https://doi.org/10.1080/16184742.2021.1938630

Faza, L. A., & Mirati, R. E. (2023). Pengaruh Strategi Event Marketing melalui BNI Java Jazz Festival terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT Bank Negara Indonesia Tbk. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 3(3).

Hamzah, A., Wahyudi, W., & Eliana, E. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara XIII Pabrik Minyak Sawit Paser Belengkong. MANAJERIAL, 8(01). https://doi.org/10.30587/manajerial.v8i01.1982

Hanafi, A., & Maharani, N. (2024, May 6). OCBC Kembali Hadirkan Musisi Kancah Internasional untuk Menyapa Nasabah Tanah Air dalam Signature Event ‘Premium Music Experience 2024.’ Ocbc.Id.

Hardianti, I. P. (2020). Pengaruh Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Buku Togamas Margorejo Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya, 1(1).

Herianto, Y. W., & Irwansyah. (2019). Event Carnival sebagai Media Komunikasi Pemasaran: Studi Kasus di SMA PKP JIS. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(1).

Islamy, I. (2019). Penelitian Survei dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris. Japanese Society of Biofeedback Research, 19(5).

Jacqueline, J., & Kusniadji, S. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran melalui Event dan Iklan terhadap Citra Merek Shopee. Prologia, 2(2). https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3713

Karo Karo, P., & Nur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Event Terhadap Kepuasan Peserta Pada Authenticity Silverspace Turnamen E-Sports Palembang. Journal of Hospitality & Tourism Innovation, 6.

Kotler, Philip dan Keller, K. Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. In PT Indeks.

L. Tobing, V. C., & Simatupang, E. M. (2022). Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Rgec Pada PT BANK OCBC NISP Tbk. Aktiva : Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 7(2). https://doi.org/10.53712/aktiva.v7i2.1618

Mallen, C., & Adams, L. J. (2023). Event Management in Sport, Recreation and Tourism. In Event Management in Sport, Recreation and Tourism. https://doi.org/10.4324/9781003391098

Marentek, M. R., Supit, V., & Mandey, N. H. J. (2020). Komunikasi Pemasaran. Polimdo Press.

Mustamin, A. I. (2017). Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Event Musik Face Of Management di Universitas Fajar. Repository UNIFA, 1(1). OCBC. (2024). Premium Music Experience. Https://Www.Ocbc.Id/Id/Program/Program-Ocbc-Nisp/Premium-MusicExperience.

Rita, R., & Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.606

Sandu, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Dasar Metodologi Penelitian.

Sekar,A. & Setianingrum, V. M. (2019). Event Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Brand Activation. Commercium, 02(02).

Siregar, M. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Ompu Gende Coffee Medan. JURNAL DIVERSITA, 7(1). https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.5190

Wardhani, A. (2022). Analisis Risiko dan Implikasinya pada Penyelenggaraan Festival/Special Event Berdasarkan Perspektif Attendance Management (Studi Kasus: Event Berdendang Bergoyang 2022). Seminar Nasional Riset Terapan, 11(1).

Widjaja, F. N., & Widyatmoko, R. P. A. (2020). Analisis Faktor Festival Quality Pada Jember Fashion Carnaval (Jfc) Menurut Persepsi Penonton. Seminar Nasional & Call For Paper: Forum Manajemen Indonesia, 1(1).

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila.

Wu, S.-I. (2016). Competing Model of Event Marketing Activities. International Journal of Marketing Studies, 8(4). https://doi.org/10.5539/ijms.v8n4p52

Yoelma, R. A. (2021). Analisis Special Event Konser 7 Ruang Dalam Membangun Citra DSS Music. Repository LSPR, 1(1).