Pengaruh Penggunaan Bumble pada Komunikasi Interpersonal Generasi Z

Main Article Content

Vanya Adelia Syarif
Farid Farid

Abstract

The rise in users of online dating applications has made the applications in circulation increasingly popular, each application has its own uniqueness which is an attraction, such as the online dating application Bumble, Bumble has a characteristic that has not been done by other applications, namely making a dating application that is friendly to people. female users. The rise in users of online dating applications can influence the way users interact with their interpersonal communication behavior. Therefore, the researcher chose the topic of the Influence of Using the Bumble Online Dating Application on Interpersonal Communication Behavior Among Generation Z, using Interpersonal Communication Theory. The concept used is Using a Dating Application Online Bumble and Interpersonal Communication Behavior. The approach used is quantitative. The sampling technique in the research used purposive sampling. Data collection method through questionnaires. The total number of respondents in the study was 30 respondents for the pre-test and 100 respondents for the post-test. The regression coefficient for the Interpersonal Communication Behavior variable was 0.610: meaning that if self-disclosure and interaction (X) increased by 1, then Interpersonal Communication Behavior (Y) would increase of 0.610, the more self-disclosure and interaction (X) increases, the more interpersonal communication behavior increases. Thus, a conclusion can be drawn that the use of the Bumble online dating application has quite an influence on interpersonal communication behavior.


Maraknya pengguna aplikasi kencan online membuat aplikasi – aplikasi yang beredar semakin digemari, setiap aplikasi memiliki keunikan masing – masing yang menjadi daya tarik seperti halnya aplikasi kencan online Bumble, Bumble memiliki ciri khas yang belum dilakukan oleh aplikasi aplikasi lainnya yaitu membuat aplikasi kencan yang ramah untuk pengguna wanita. Maraknya pengguna aplikasi kencan online ini dapat memengaruhi cara penggunanya terhadap perilaku komunikasi interpersonal yang penggunanya jalani. Oleh karena itu peneliti memilih topik pengaruh penggunaan aplikasi kencan online Bumble terhadap perilaku komunikasi interpersonal di kalangan generasi z, dengan menggunakan Teori Komunikasi Interpersonal. Konsep yang digunakan yaitu penggunaan aplikasi kencan online Bumble dan perilaku komunikasi interpersonal. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengambilan data melalui kuesioner. Total responden dalam penelitian berjumlah 30 responden untuk pre-test dan 100 responden untuk post-test Koefisien regresi variabel Perilaku Komunikasi Interpersonal sebesar 0,610: artinya jika pengungkapan diri dan interaksi (X) mengalami kenaikan 1, maka Perilaku Komunikasi Interpersonal (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,610, semakin naik pengungkapan diri dan interaksi (X) maka semakin meningkat perilaku komunikasi interpersonal. Dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Penggunaan Aplikasi Kencan online Bumble cukup memengaruhi Perilaku Komunikasi Interpersonal.

Article Details

Section
Articles

References

Baym, N. K. (2015). Personal Connections in the Digital Age (2nd ed.). Polity Press.

Braithwaite, D. O., & Schrodt, P. (2022). Engaging Theories In Interpersonal Communication (T. E. Adams, T. D. Afif, W. A. Afif, & C. F. Alvarez, Eds.; Third edition). Routledge.

Castro, Á., & Barrada, J. R. (2020). Dating Apps and Their Sociodemographic and Psychosocial Correlates: A Systematic Review. Internasional Journal of Environmental Research and Public Health, 1–25.

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta Terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, Vol.2.

Hasna, A. H., & Utami, L. S. S. (2023). Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Pengguna Dating Apps. Jurnal Komunikasi, Vol. 7, 274–281.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapatMeningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Zdi Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), Vol. 10, 12–28.

Khotimah, I. H. (2019). Komunikasi Verbal dan Non Verbal Dalam Diklat. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Ksanjaya, R., & Rahayu, E. T. (2022). Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di SMANegeri 1 Blanakan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, vol 2, 60–96.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I.,

Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga (1st ed.). Insight Mediatama.

Mutmainnah, & Saleh, R. (2024). Analisis Komunikasi Pendidikan Pada Pengembangan Konten Pembelajaran Smart School Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Komunikasi, Vol. 17(1), 37–46.

Nugrahadi, A. (2019). Uncertainty Reduction Theory dalam Pola Komunikasi Pemain dan Pelatih Sepakbola Usia Dini di PFA (Pasoepati Football Academy). Channel Jurnal Komunikasi, Vol.7, 137–146.

Nugroho, F. (2019). Strategi Pengelolaan Kesan Dalam Komunikasi Hyperpersonal Pengguna Tinder. Interaksi Online, 7, 54–68.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, Vol. 2(3), 29–37.

Rosen, L. D., Cheever, N. A., & Carrier, L. M. (2015). The Wiley handbook of Psychology, Technology and society. John Wiley & Sons.

Saifulloh, M., & Bhagaskara, J. (2024). Komunikasi Interpersonal Antar LGBT Dalam Menjalin Hubungan Melalui Aplikasi Bumble di Kota Jakarta. Jurnal Cyber PR, Volume 4, 40–52.

Setiawan, C., & Azeharie, S. (2017). Studi Komunikasi Antarpribadi Anak Dengan Orang Tua Tiri. Jurnal Komunikasi, Vol. 9, 74–80.

Siahaan, R. (2021). Pengaruh Stres, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Terhadap Kinerja Driver Online GRABBIKE Di Masa Covid-19 (Studi Pada Driver GrabBike di Jakarta Timur). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Yolanda, A., & Aruan, R. R. (2024). Peningkatan Kinerja Karyawan PT Smartfren Sumbagut Adam Malik Melalui Optimalisasi Komunikasi Organisasi Internal. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 12(Issue 2), 102–107.