Analisis Strategi Digital Marketing Brand Kopi Kenangan melalui Media Sosial Instagram
Main Article Content
Abstract
The evolution of technology has encouraged companies to use digital marketing strategies as the main way to reach consumers more broadly. Instagram is among the best successful social media networks in Indonesia, with total of 191 million active users in 2024. The purpose of this study is to assess how digital marketing strategy has through Instagram social media to strategy digital marketing and buying decesion. This research using a quantitative approach utilisting the purposive sampling method. This research sample involved 100 respondent from active Instagram social media users aged 18-39 years, domiciled in DKI Jakarta and had purchased products from Kopi Kenangan. In this research, Kopi Kenangan’s digital marketing strategy is proven to be effective in attracting consumer attention with a determination value of 46,4%, with other factors influencing the remaining 53,6%. This shows that content creativity, consistency of content uploads, and collaboration with influencers have a significant in consumer purchasing decisions. This research provides insinght that implementing a digital marketing strategy through effective Instagram social media can be success in building Kopi Kenangan strategi digital marketing.
Perkembangan teknologi telah mendorong perusahaan untuk menggunakan strategi digital marketing sebagai cara utama dalam menjangkau konsumen secara lebih luas lagi. Instagram telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial yang sangat sukses di Indonesia, dengan total pengguna aktif sebanyak 191 juta di tahun 2024. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi strategi pemasaran digital yang telah diterapkan oleh brand Kopi Kenangan melalui media sosial Instagram untuk meningkatkan strategi pemasaran digital dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel purposive melibatkan 100 responden dari pengguna aktif media sosial Instagram yang berusia 18-39 tahun, berdomisili di DKI Jakarta dan pernah membeli produk dari Kopi kenangan. Pada penelitian ini pemasaran digital Kopi Kenangan terbukti efektif dalam menarik perhatian konsumen dengan nilai determinasi ini menunjukkan bahwa 46,4% dari total dipengaruhi, sedangkan 53,6% terakhir dipengaruhi oleh faktor lain. Hal tersebut menunjukan kreativitas konten, konsistensi unggahan konten, serta kerja sama dengan influencer memiliki pengaruh signifikan dalam keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan bahwa penerapan strategi digital marketing melalui media sosial Instagram yang efektif bisa menjadi keberhasilan dalam strategi digital marketing Kopi Kenangan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Amaliah, M. F., Hermani, A., & Pradanawati, A. (2022). Kajian Perencanaan Komprehensif Digital dalam Meningkatkan Penjualan pada CV. Sahaja. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4).
Andini, P., Susanti, N., & Astuti, K. (2024). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Di Toko Hawwapassion Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Akuntansi, 1(1), 29–34.
AnitavCandra Dewi, Wa Liyyun, Natasya Aurelya Andana, Lola Lindiani, MutiaraHati Asbar, & Nurul Magfirah. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Melalui Penerapan E-Commerce dan Media Sosial Pada Era Society 5.0. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1, 1122–1129.
Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT), 7(1), 38–46.
Azizah, A. N. (2022). Pengaruh Kompensasi, Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pada Pegawai LKMS-BWM Di Indonesia.
Bumi, PT. B. B. (2024, February 14). Pencapain Kenangan Brands Tahun 2021, Menjadi Perusahaan New Retail F&B Unicorn Pertama Di Asia Tenggara. PT. Bumi Berkah Boga.
Cahyadi, S. A., Loisa, R., & Sudarto. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness. Prologia, 5(1), 175–183.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Market Place : Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajamen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Elmertian, D., Sholikhah, S., & Sari, D. A. P. (2024). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Instagram Dengan Pendekatan Model AIDA (Studi Kasus Instagram @Kopikenangan.id). Mufakat:Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 62–77.
Indriyanti. (2023). Pengaruh Brand Image, Kergaman Produk, Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rocket Chicken Cabang Pejagoan [Thesis]. Universitas Putra Bangsa.
Nita, D., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Extrupack Bekasi Barat. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi.
Nurhanisa, Y. (2023). Produksi Kopi Indonesia 2017-2022. Indonesiabaik.Id.
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176.
Panggabean, A. D. (2024, May 29). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. Radio Republik Indonesia.
Rizkia, S. (2021). Digital Marketing dan Ragam Produk terhadap Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee Studi Kasus Mahaiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus [Thesis]. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Rohmah, S., Trimulyo, J., & Kurniawan, D. I. (2023). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Di MA AL-AMIN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sahid Bogor, 2(2).
Sembiring, A. C., Tampubolon, J., & Purnasari, N. (2023). Peningkatan Pengetahuan Petani Kopi Karo dalam Pengolahan Pasca Panen Buah Kopi di Desa Buluhnaman Sumatera Utara. Jurnal Mitra Prima, 5(2).
Sinaga, M. A., Aisyah, S., Tarigan, E., Bago, K., & Manik, K. (2023). Strategi Digital Marketing dalam Membangun Kesadaran Merek Yang Digunakan Kopi Kenangan pada Instagram. Jurnal Bidang Penelitian Advertising dan Desain Grafis, 1(2), 135–144.
Summayah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee (Studi Kasus Pada Shopee Kelurahan Sunter Jaya Jakarta Utara) [Thesis]. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Ulfia, U., Rahmi, R., & Yana, S. (2024). Pengaruh Media Sosial Dalam Transformasi Pemasaran Digital. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 11–17.
Utami, Y., Rasmanna, P. M., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 21–24.
Vannesa, F., & Meiden, C. (2020). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi CSR Disclosure Pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2018. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2).