Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Festival UMKM Lembaga Keuangan di Indonesia

Main Article Content

Zahra Regita Maharani Hary Putri
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

This study aims to analyze the utilization of Instagram as a promotional medium for an MSME event by a financial institution in DKI Jakarta. The 2024 MSME event is an annual program designed to support MSME sustainability and promote tourism through various activities, such as showcasing flagship products, educational talk shows, and business matching. Using a qualitative descriptive approach and case study method, this research examines the promotional strategies employed, content effectiveness, and audience engagement. The findings reveal that Instagram was chosen as the primary platform due to its relevance to the target audience, particularly young and middle-aged adults who are active social media users. Instagram features like Reels, IGTV, and Stories were utilized effectively to expand the reach and increase engagement. A multi-channel promotion strategy combining digital platforms with traditional media, such as videotrons and radio ads, also proved successful in reaching a broader audience. These findings highlight the pivotal role of social media in promoting MSME events, enhancing public awareness, and encouraging active participation. Moreover, this study underscores the importance of integrating digital and traditional media within marketing communication strategies to foster MSME growth through digital innovation.


Media sosial memiliki peran penting dalam membentuk pola perilaku manusia modern. berfungsi sebagai alat untuk memperluas interaksi sosial, mengubah komunikasi satu arah menjadi dialog antara banyak audiens serta mempermudah penyebaran informasi dengan memungkinkan pengguna menjadi pembuat pesan. Salah satu platform media sosial yang populer adalah Instagram, yang menyediakan fasilitas interaksi melalui gambar, video, dan fitur tambahan seperti keterangan (caption). Instagram menjadi media yang secara baik untuk promosi karena kemampuannya menghubungkan pengguna dan menyebarkan informasi secara luas. Salah satu lembaga yang memanfaatkan media sosial untuk mendukung kinerja mereka adalah Bank Indonesia. Dalam mempromosikan Jakreatifest, Bank Indonesia menggunakan pendekatan promosi multikanal dengan fokus utama pada Instagram. Strategi yang diterapkan mencakup penggunaan berbagai fitur Instagram serta pembuatan konten kreatif pada akun resmi acara. Penelitian ini berfokus pada pembahasan mengenai pemanfaatan media sosial Instagram yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam mempromosikan Jakreatifest. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengacu pada teori komunikasi pemasaran, promosi, dan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi konten organik dan berbayar mampu memunculkanb daya tarik dan perhatian audiens terhadap terhadap acara.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Zahra Regita Maharani Hary Putri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 1(1), 25–32.

Kremer, H., Ade Arianto Ciptoputra, V., Studi Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. 4(1), 98–105.

Miharja, A. V., & Yoedtadi, M. G. (n.d.). Alexandra Virginia Miharja, Moehammad Gafar Yoedtadi: Strategi Penyajian Konten di Instagram LLDikti Wilayah III dalam Menginformasikan Program MBKM Strategi Penyajian Konten di Instagram LLDikti Wilayah III dalam Menginformasikan Program MBKM.

Purbohastuti, Wahyuni A. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. 12(2).

Ramadan, A. (2021). Efektivitas Instagram swebagai Media Promosi Produk “Rendang Uninam.” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796

Ribhul Azeem, M., Toni, A., Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial, S., Toni Public Relations FIKOM Universitas Budi Luhur Jl Ciledug Raya, A., Utara, P., Jakarta Selatan, K., & Khusus Ibukota Jakarta, D. (2018). Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial. Komunikasi, 10.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, Vol. 3(2), 69.

Sari, W. P., & Azeharie, S. (2024). Analisa Media Sosial Dan Komunikasi Pemasaran Creative Marketing Strategist @Garistemu.Co. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 9(2), 213–223. https://doi.org/10.36914/jikb.v9i2.1035

Yoedtadi. Moehammad Gafar (2020). Media Kreatif di Era Digital: Melawan Kapitalisme Media Baru. In N. Pandrianto, R. Oktavianti, & W. P. Sari (Eds.), Digilitasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif. PT. Gramedia Pustaka Utama.