Representasi Strategi Public Relations dalam Film Our Brand Is Crisis
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari komponen mengenai bagaimana strategi Public Relations (PR) di representasikan dalam film Our Brand is Crisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Studi ini mengeksplorasi representasi strategi PR melalui elemen visual, verbal, dan simbolik yang menciptakan makna dalam komunikasi politik. Dengan pendekatan kualitatif, Studi ini menemukan empat strategi Public Relations (PR) utama: publikasi, persuasi, argumentasi, dan pembentukan citra. Semua strategi ini digunakan untuk membangun persepsi publik terhadap kandidat, mempengaruhi pendapat orang, membentuk identitas politik, dan menciptakan mitos kepemimpinan yang berhasil.Strategi-strategi ini digunakan untuk membangun persepsi publik terhadap kandidat, memengaruhi opini, membentuk identitas politik, dan menciptakan mitos kepemimpinan. Melalui semiotika Roland Barthes menganalisis denotasi, konotasi, dan mitos, studi ini menggambarkan bagaimana narasi politik menciptakan citra kandidat yang efektif. Hasil penelitian ini mendorong penelitian lebih lanjut tentang peran semiotika dalam studi komunikasi politik dan memberikan wawasan tentang pentingnya komunikasi strategis dalam membangun citra dalam konteks media massa dan politik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Adlini, M., Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6, 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Jambi, U., Letjend, J., No, S., 33, T., & Pura, J. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).
Ganjar Wibowo. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak
Kevinia, C., Putri syahara, P. sayahara, Aulia, S., & Astari, T. (2024). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia. COMMUSTY Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.38043/commusty.v1i2.4082
Khairani Amanda, N., & Sriwartini, Y. (2020). Pesan Moral Pernikahan Pada Film Wedding Agreement (Analisis Semiotika Roland Barthes). Dalam Jurnal Sosial dan Humaniora (Vol. 5, Nomor 1). www.instagram.com.
Pratama Ariyanto, G. (2023). Strategi Public Relation Dalam Membentuk Citra.
Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS).
Setiawan, B., & Latifa, A. (2019). Strategi Public Relations Radio Geronimo Yogyakarta dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2). https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4897
Tahir, A., & Medita, H. (2023). Film Tari Sebagai Media Komunikasi Massa dalam Pertunjukkan Seni Tari. 5.
Tambunan, N. (2018). The Effect of Mass Communication on the Audience. SIMBOLIKA, 4(1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika