Analisis Teori Ekologi Media terhadap Konten Pemasaran
Main Article Content
Abstract
Konten marketing menjadi tahapan yang perlu diperhatikan untuk membangun atau menciptakan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menganalisis bagaimana konten marketing berperan dalam keputusan pembelian konsumen di perusahaan X. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam dengan konsumen dan pihak manajemen perusahaan X, serta analisis konten dari media sosial dan platform digital lainnya. Analisis ilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekologi media memainkan peran penting dalam konten marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada perusahaan X. Kebutuhan konsumen dapat dikenali dengan menggunakan konten yang jelas dan informatif. Dalam mencari informasi, konsumen mengandalkan kombinasi sumber digital dan interpersonal, seperti ulasan online, rekomendasi teman, dan iklan. Sementara itu, evaluasi alternatif dipengaruhi oleh konten yang kredibel dan transparan guna membangun kepercayaan dan standar tinggi dalam mengevaluasi produk. Keputusan untuk membeli sangat dipengaruhi oleh konten yang meyakinkan dan relevan, yang dapat meningkatkan keyakinan audiens dalam membuat keputusan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/Coopetition.V11I3.154
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. 1.
Husen, A., Sumowo, S., Rozi, A. F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah Jember, U. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 4(2), 127–143. https://doi.org/10.32528/JMBI.V4I2.1757
Mulyana, agung putra, & Djamzuri, M. I. (2022). Teknologi Tokopedia Play Live Shooping Dalam Perspektif Ekologi Media Konvergensi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/JISIP.V6I3.3487
Nurcahyadi, A. (2024). Peran Content Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(7), 632–639. https://doi.org/10.57185/MUTIARA.V2I7.220
Octafiany, D. N., & Nurfebiaraning, S. (2021). Pengaruh Content Marketing Di Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepatu Compass. EProceedings of Management, 8(6). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/17243
Pamungkas, B., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). https://media.neliti.com/media/publications/106806-ID-pengaruh-promosi-di-media-sosial-dan-wor.pdf
Pratiwi, D., Hermawati, A., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35814/JIMP.V3I1.4654
Rahmawatie, D. E. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Pada Pembelian Produk Scarlett Di Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online (Studi Mahasiswi Itb Widya Gama Lumajang).
Rohimah, A. (2021). Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing | Rohimah | Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi. 5(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/cjik/article/view/12010
Tri Suhesti, D., Firda Amalia, N., Rizka Ertama, dan, Studi Manajemen Haji Dan Umroh, P., Bengkulu, I., & studi Manajemen Haji Dan Umroh, P. (2021). Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal. SEMB-J : Sharia Economic and Management Business Journal, 2(1), 24–42. https://www.siducat.org/index.php/sembj/article/view/176
Wuquinnajah, Q., & Prasetya, K. (n.d.). Analisis reduplikasi dalam cerpen Kejetit karya Putu Wijaya. https://doi.org/10.26555/jg.v%vi%i.2180