Analisis Teori Ekologi Media terhadap Konten Pemasaran

Main Article Content

Dewi Mega Lestari Siregar
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Content marketing is a stage that needs to be considered to build or create consumer purchasing decisions. This research analyses how content marketing plays a role in consumer purchasing decisions at company X. The research uses a qualitative method with a case study approach. Data was collected using in-depth interviews with consumers and management of Company X, as well as content analysis from social media and other digital platforms. Analysis was conducted using Miles and Huberman analysis techniques to identify patterns and themes that emerged from the data. The results show that media ecology plays an important role in content marketing towards consumer purchasing decisions at company X. Consumer needs can be recognised by using clear and informative content. In seeking information, consumers rely on a combination of digital and interpersonal sources, such as online reviews, friend recommendations, and advertisements. Meanwhile, alternative evaluation is influenced by credible and transparent content to build trust and high standards in evaluating products. The decision to buy is strongly influenced by convincing and relevant content, which can increase the audience's confidence in making a decision.

Konten marketing menjadi tahapan yang perlu diperhatikan untuk membangun atau menciptakan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menganalisis bagaimana konten marketing berperan dalam keputusan pembelian konsumen di perusahaan X. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam dengan konsumen dan pihak manajemen perusahaan X, serta analisis konten dari media sosial dan platform digital lainnya. Analisis ilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekologi media memainkan peran penting dalam konten marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada perusahaan X. Kebutuhan konsumen dapat dikenali dengan menggunakan konten yang jelas dan informatif. Dalam mencari informasi, konsumen mengandalkan kombinasi sumber digital dan interpersonal, seperti ulasan online, rekomendasi teman, dan iklan. Sementara itu, evaluasi alternatif dipengaruhi oleh konten yang kredibel dan transparan guna membangun kepercayaan dan standar tinggi dalam mengevaluasi produk. Keputusan untuk membeli sangat dipengaruhi oleh konten yang meyakinkan dan relevan, yang dapat meningkatkan keyakinan audiens dalam membuat keputusan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Dewi Mega Lestari Siregar, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/Coopetition.V11I3.154

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. 1.

Husen, A., Sumowo, S., Rozi, A. F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah Jember, U. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 4(2), 127–143. https://doi.org/10.32528/JMBI.V4I2.1757

Mulyana, agung putra, & Djamzuri, M. I. (2022). Teknologi Tokopedia Play Live Shooping Dalam Perspektif Ekologi Media Konvergensi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/JISIP.V6I3.3487

Nurcahyadi, A. (2024). Peran Content Marketing dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(7), 632–639. https://doi.org/10.57185/MUTIARA.V2I7.220

Octafiany, D. N., & Nurfebiaraning, S. (2021). Pengaruh Content Marketing Di Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepatu Compass. EProceedings of Management, 8(6). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/17243

Pamungkas, B., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). https://media.neliti.com/media/publications/106806-ID-pengaruh-promosi-di-media-sosial-dan-wor.pdf

Pratiwi, D., Hermawati, A., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Fashion Pada Tiktokshop. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35814/JIMP.V3I1.4654

Rahmawatie, D. E. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Pada Pembelian Produk Scarlett Di Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online (Studi Mahasiswi Itb Widya Gama Lumajang).

Rohimah, A. (2021). Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing | Rohimah | Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi. 5(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/cjik/article/view/12010

Tri Suhesti, D., Firda Amalia, N., Rizka Ertama, dan, Studi Manajemen Haji Dan Umroh, P., Bengkulu, I., & studi Manajemen Haji Dan Umroh, P. (2021). Strategi Manajemen Pemasaran Paket Umrah Era New Normal. SEMB-J : Sharia Economic and Management Business Journal, 2(1), 24–42. https://www.siducat.org/index.php/sembj/article/view/176

Wuquinnajah, Q., & Prasetya, K. (n.d.). Analisis reduplikasi dalam cerpen Kejetit karya Putu Wijaya. https://doi.org/10.26555/jg.v%vi%i.2180