Differentiating Through USP: Strategi Komunikasi Digital pada Akun Instagram @adiandfriendsorganizer
Main Article Content
Abstract
Instagram menjadi strategi utama bagi perusahaan dalam menjangkau audiens, sehingga aktivitas promosi produk atau jasa dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konten berbasis unique selling pointsebagai strategi komunikasi pemasaran dalam memenangkan persaingan pemasaran di industri wedding organizer, dengan studi kasus pada akun Instagram @adiandfriendsorganizer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dokumen analisis serta studi kepustakaan. Dengan menganalisis strategi konten di Instagram Adi & Friends serta berfokus pada cara Adi & Friends Wedding Organizer dalam mengkomunikasikan unique selling point melalui konten marketing yang konsisten untuk menarik perhatian audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan USP dalam setiap konten yang diunggah di Instagram @adiandfriendsorganizer sangat efektif dalam memperkuat identitas merek dan membangun keterlibatan audiens yang lebih tinggi. Dengan strategi komunikasi menggunakan konten berbasis USP yang dilakukan secara konsisten, Adi & Friends Wedding Organizer berhasil membangun posisi yang lebih kuat di pasar, memperkuat loyalitas pelanggan dan memperoleh keunggulan yang kompetitif dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Arifin, Y., Romadhan, M. I., & Pradana, B. C. S. A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Kalih Kitha Wedding Organizer dalam Membangun Brand Awareness melalui Media Instagram. … Nasional Hasil Skripsi, Imc. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/1017%0Ahttps://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/download/1017/482
Chaffey, D., & Smith. (2022). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing (6th ed.). Routledge.
Creswell, Jhon. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SagePublications.
Hasan, K., Husna, A., & Fitri, D. (2023). Transformasi Komunikasi Massa Era Digital Antara Peluang Dan Tantangan. JPP Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 8.
Kotler, P. , & K. K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kumar, A. (2021). Social Media: An Emerging Platform for Marketing. JournalofMarketingResearchandCaseStudies.
Kusumastuti, A. D. (2022). Strategi Peningkatan Penjualan Produk Melalui Pendekatan Unique Selling Point Dalam Menunjang Eksistensi Bisnis HNI HPAI. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 15(1). https://doi.org/10.48042/jurakunman.v15i1.88
Moleong, Lexy. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. RemajaRosdakarya.
Rosidin. (2021, November 15). Menakar Beban Kerja Penghulu. Kemenag.Go.Id.
Ryan, D. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the digital generation - Damian Ryan - eBook. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wibowo, A. (2020). Manajemen Event dan Wedding Organizer. Andi.