Analisis Strategi Komunikasi Digital Penggunaan Voice Over dalam Penyebaran Berita di Instagram Reels Kompas.com
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh Kompas.com dalam menyebarluaskan berita melalui Instagram Reels, dengan fokus pada penggunaan voice-over. Perubahan pola konsumsi berita di era digital semakin mengarah ke platform media sosial, khususnya di kalangan generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam serta observasi langsung terhadap proses produksi konten di Kompas.com. Kerangka teori yang digunakan mencakup komunikasi digital, strategi komunikasi, dan media baru, serta konsep voice-over sebagai elemen penting dalam menarik perhatian audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan voice-over dalam Instagram Reels mampu meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan kepercayaan audiens terhadap berita. Instagram Reels dipilih sebagai platform utama karena algoritmanya mendukung distribusi konten video pendek yang interaktif dan mudah diakses. Strategi ini memungkinkan Kompas.com menjangkau audiens yang lebih luas, terutama generasi digital-savvy. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami voice-over sebagai inovasi dalam distribusi berita dan menyarankan optimalisasi fitur media sosial lainnya bagi institusi berita. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya adaptasi konten terhadap tren dan preferensi audiens untuk meningkatkan efektivitas penyebaran informasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Armayani, R. R., , L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(3), 8920–8928. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400
Evanne, L. (2021). Pergeseran Komunikasi Media Lama Menuju Media Baru. Komsospol, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.47637/komsospol.v1i2.585
Nofha Rina, S. N. F. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479
Nofiasari, W., Ramadhani Rusdin, F., Yusanto, Y., Gusti Ayu Agung Aristi Putri, I., Novandri Rahmat, F., Yulianto, A., Rolin Prasetyo, N., Muthahari Ramadhani, M., Ramonita, L., & Putri Pratiwi, C. (2024). Strategi Komunikasi Digital. www.freepik.com
Rahayu, H. S. (2024). Analisi Strategi Komunikasi Instagram@ MY Palabuhanratu Dalam Memberikan Informasi di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi. Jurnal Adijaya Multidisplin, 02(03), 745–757. http://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/1455%0Ahttp://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/download/1455/545
Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Ummah, M. S. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Rajawali Pers. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wibowo, H. Y., Rante, H., & KH, A. S. (2015). Implementasi Teknik Sound Effect Dan Voice Over Dalam Pembuatan Video Dokumenter Perlindungan Anak Di Kawasan Dolly. Impelemtasi Sound Effect, 1–6.