Keterikatan Parasosial Penggemar dan Idola (Studi Fanatisme NCTzen)

Main Article Content

Mutiara Fransisca Amesz
Diah Ayu Candranigrum

Abstract

In the K-pop industry parasocial bonds between fans and idols have become a growing phenomenon. This study focuses on the infatuation of NCTzens, fans of the K-pop group NCT and the impact of this emotional connection on their behavior and lives. Parasocial bonding refers to emotional intimacy that occurs even without direct interaction with an idol. Based on interviews with five NCTzens, NCT fans feel a strong emotional bond with the group which is manifested in the form of purchasing merchandise, attending concerts, and following the group's activities on social media. The author found that this influences fans' behavior. Apart from that, this hobby also influences the psychological and social aspects of fans, thereby strengthening their relationship with their idols. So the purpose of this research is to provide insight into the influence of parasocial ties on the K-Pop fan community, especially NCTzens and how it influences fans' behavior and personal lives. The research results show that the relationship between idols and fans is getting stronger thanks to digital engagement which allows fans to connect more closely. Fans buy up memorabilia, but also actively support their idols on social media.


Dalam industri K-pop ikatan parasosial antara penggemar dan idola telah menjadi fenomena yang berkembang. Studi ini berfokus pada kegilaan NCTzen, penggemar grup K-pop NCT dan dampak hubungan emosional ini terhadap perilaku dan kehidupan mereka. Ikatan parasosial mengacu pada keintiman emosional yang terjadi bahkan tanpa adanya interaksi langsung dengan seorang idola. Berdasarkan wawancara dengan lima NCTzens penggemar NCT merasakan ikatan emosional yang kuat dengan grup tersebut yang diwujudkan dalam bentuk pembelian barang dagangan, menghadiri konser, dan mengikuti aktivitas grup tersebut di media sosial penulis menemukan bahwa hal tersebut memengaruhi perilaku para penggemar. Selain itu kegemaran ini juga memengaruhi aspek psikologis dan sosial penggemar sehingga semakin mempererat hubungan mereka dengan idolanya. Maka maksud dari penelitian ini memberikan wawasan tentang pengaruh ikatan parasosial pada komunitas penggemar K-Pop, khususnya NCTzens dan bagaimana hal itu memengaruhi perilaku dan kehidupan pribadi penggemar. Hasil penelitian menunjukkan, hubungan antara idola dan penggemar semakin kuat berkat keterlibatan digital yang memungkinkan penggemar terhubung lebih dekat. Penggemar memborong barang memorabilia, tetapi juga aktif mendukung idola mereka di media sosial.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Mutiara Fransisca Amesz, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candranigrum, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Astuti, L. D. (2022). Pengaruh Fanatisme K-Pop Terhadap Perilaku Imitasi Pada Remaja Muslim Kota Mataram (Studi Pada Penggemar Neo Culture Technology (NCTzen) Kota Mataram). Universitas Islam Negeri Mataram.

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 59. https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2442

Mihardja, J., & Paramita, S. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi, 2(2), 393–400. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3915

Mutaali, W. O., & Pratisi, W. D. (2019). Fanatisme Pada Penikmat Musik Metal.

Purba, R., & Solekhah, N. (2019). Kesetiakawanan Fans K-pop di Era Digital. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 43(2), 187–194.

Putri, K. A., Amirudin, A., & Purnomo, M. H. (2019). Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 14(1), 125. https://doi.org/10.14710/nusa.14.1.125-135

Sabrina, D., & Utami, L. S. S. (2019). Pembentukan Identitas Diri Para Pelaku Cover Dance K-Pop di Jakarta. Koneksi, 3(2), 351–357.

Saifuddin, D. A., & Masykur, A. M. (2014). Interaksi Parasosial (Sebuah Studi Kualitatif Deskriptif pada Penggemar JKT48). Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 3(4), 143–152. https://doi.org/10.14710/empati.2014.7568

Utami, L. S. S., Azeharie, S., Rusdi, F., Yoedtadi, M. G., & Salman, D. (2021). Menelisik Gairah Ruang Virtual. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Valencialaw, N., & Utami, L. S. S. (2023). K-Pop dan Perilaku Konsumtif Menonton Konser. Koneksi, 7(1), 112–119. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21301

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.