Strategi Promosi Wondr by BNI dengan Pendekatan Public Relations
Main Article Content
Abstract
The intense competition in the digital banking sector demands companies to implement effective promotional strategies to market the Wondr by BNI application. BNI leverages Public Relations to promote Wondr by BNI as an innovative digital financial solution. This study employs a qualitative approach using a case study method, incorporating in-depth interviews, observation, and document analysis. The findings reveal that BNI's PR employs effective strategies such as sponsorships, event organization, media relations, and publications tailored to the target market. These strategies are supported by consistent internal communication and a customer-centric approach. Additionally, BNI’s Public Relations plays a significant role in building public trust through relevant messaging and impactful campaigns. Collaboration across organizational units serves as a key element of the promotion's success, resulting in increased brand awareness and application adoption in a competitive market. These insights can serve as a strategic guide for other companies in marketing digital innovations by optimizing their corporate Public Relations efforts.
Persaingan ketat di sektor perbankan digital menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi promosi yang terstruktur untuk mempromosikan aplikasi Wondr by BNI. BNI memanfaatkan Public Relations untuk mempromosikan aplikasi Wondr by BNI sebagai solusi keuangan digital yang inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Subjek pada penelitian ini adalah Public Relations BNI dalam mempromosikan aplikasi Wondr by BNI kepada masyarakat, dan Objek penelitian ini adalah strategi Public Relations Bank BNI berguna untuk mempromosikan aplikasi Wondr by BNI kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Public Relations BNI menggunakan strategi yang terstruktur, seperti sponsorship, penyelenggaraan acara, relasi media, dan publikasi yang disesuaikan dengan target pasar. Strategi ini didukung oleh komunikasi internal yang konsisten dan pendekatan berbasis kebutuhan pelanggan (customer-centric). Selain itu, Public Relations BNI juga berperan dalam membangun kepercayaan publik melalui pesan yang relevan dan kampanye yang terstruktur. Kolaborasi antarunit organisasi menjadi elemen kunci keberhasilan promosi ini, menghasilkan peningkatan kesadaran merek dan adopsi aplikasi di pasar yang kompetitif. Temuan ini dapat menjadi panduan strategis bagi perusahaan lain dalam memasarkan inovasi digital dengan memanfaatkan Public Relations perusahaannya secara optimal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Burhan, B. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Prenadamedia group.
De Leon, M. V, Atienza, R. P., & Susilo, D. (2020). Influence of self-service technology (SST) service quality dimensions as a second-order factor on perceived value and customer satisfaction in a mobile banking application. Cogent Business & Management, 7(1), 1794241. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1794241
Dharmawan, M. R., & Yoedtadi, M. G. (2024). Strategi Komunikasi Pemanfaatan Key Opinion Leader dalam Meningkatkan Brand Awareness di Media Sosial. Prologia, 8(2), 512–521. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v8i2.27691
Eisyiah, N., & Setyorini, D. (2010). Strategi Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:107183223
Harapan, E., Pd, M., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada. https://core.ac.uk/download/pdf/89565371.pdf
Hentz, P. (2016). Overview of case study research. Springer Publishing Company.
Kholisoh, N. (2024). Komunikasi organisasi (Edisi ke-1. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kriyantono, R. (2015). Public relations, issue & crisis management: pendekatan critical public relation, etnografi kritis & kualitatif. Kencana.
Mekinjić, B. (2019). The Impact of Industry 4.0 on The Transformation of The Banking Sector. Journal of Contemporary Economics, 1(1). https://doi.org/10.7251/JOCE1901006M
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage Publication.
Phillip, K., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management 15ed (15 ed.). Pearson Education Limited.
Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1). https://doi.org/10.32834/gg.v15i1.42
Ramadhan, A. J. (2021). Peran Humas Xl Axiata Melalui Aplikasi Mobile Laut Nusantara Dalam Membangun Citra Perusahaan Bagi Nelayan. Jurnal Komunikasi, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i1.8807
Susanti, E. (2016). Glosarium kosakata bahasa indonesia dalam ragam media sosial. Dialektika, 3(2), 229–250. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i2.5188
Syamsuddin, Z., Baharuddin Semmaila, H., & Alam, S. (2024). Strategi Pemasaran Digital dan Pertumbuhan Bisnis di Era Digital: Studi Kasus pada Industri E-Commerce. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 1295–1298. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6656
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media.
Yusuf, M. A., & Fahrudin, M. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pustaka Ilmu.