Persepsi Khalayak pada Kualitas Produk Skincare Lokal
Main Article Content
Abstract
The growth of the cosmetic and skincare industry in Indonesia can be influenced by various factors, including lifestyle and increasing awareness of health and beauty. The perception of skincare quality is related to product characteristics and how well the product meets consumer needs and expectations. This is because consumer evaluations of skincare products are based on their ability to deliver visible effects, easy accessibility, and affordability. The aim of this research is to understand the public's perception of the quality of local skincare products. The concepts used are perception, consumer behaviour, and product quality. A descriptive qualitative approach was used and all the data collection been analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the public perceives the quality of local skincare products positively. However, there are still concerns regarding the overall quality of the products. The views on product quality and consumer behaviour are influenced by individual knowledge and experience. The process of perception formation also involves the reception of visual and audio information presented through product packaging and skincare advertisements delivered through ad content.
Pertumbuhan industri kosmetik dan perawatan kulit di Indonesia dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya perubahan gaya hidup, peningkatan kesadaran akan kesehatan dan kecantikan. Persepsi kualitas Skincare berkaitan dengan karakteristik produk dan sejauh mana produk tersebut memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen. Hal ini dikarenakan penilaian konsumen terhadap produk perawatan kulit berdasarkan kemampuannya untuk menghasilkan efek yang mudah terlihat, mudah didapatkan, dan harga terjangkau. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi khalayak pada kualitas produk perawatan kulit lokal. Konsep yang digunakan adalah Persepsi, Perilaku Konsumen, Kualitas Produk. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa khalayak mempersepsikan kualitas produk skincare lokal secara positif. Namun masih terdapat kekhawatiran mengenai kualitas produk secara keseluruhan. Pandangan kualitas produk dan perilaku konsumen dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman masing-masing konsumen. Proses pembentukan persepsi juga melibatkan penerimaan informasi visual dan audio yang disajikan dalam kemasan produk dan iklan produk skincare yang disampaikan melalui konten iklan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis
Gaol, E. Y. (2021). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Skincare Jenis Essence (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Proses Pengambilan Keputusan dalam Membeli Produk Perfect Hydrating Treatment Essence Avoskin di Kalangan Member Female Daily App).
Saputri, A.A. (2021). Pembelajaran Kognitif Konsumen Remaja Pria Pengguna Produk Perawatan Kulit di Jakarta.
Purba, Z.A. (2022). Online Customer Review dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Skincare pada Website Sociolla. Skripsi Ilmu Komunikasi.
Rakhmat, J. ( 2008). Psikologi Komunikasi . Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Riani, S. M. S., & Winduwati, S. (2020). Persepsi Khalayak pada Tayangan Konten Gaya Hidup Sehat oleh Influencer.
Rivaldi, P. (2022). Persepsi Konsumen tentang Citra Produk (Studi Kasus Pada Hambel.co Parfum).