Identifikasi Nilai-Nilai Kewirausahaan dalam Film The Founder dengan Analisis Semiotika

Main Article Content

Marvin Hotanto
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

The development of the times always moves dynamically and quickly which affects all aspects starting from a person's behavior habits, mindset, actions, and including in communication and information. One form of communication and information is film. Film is a mass media that can be absorbed by many audiences, because films are able to show a picture of everyday social life. Movies can provide messages, information, images, emotions and also have a positive impact on the audience. On the other hand, it can also have a negative effect on the delivered message through the film. Movies can have a big and massive impact on people's lives. The Founder film is a film that tells the story of Ray Kroc's struggle to achieve success through the McDonald's restaurant business. This research aims to examine and analyze the elements of communication of entrepreneurial values ​​found in The Founder film. This research uses Ferdinand de Saussure's theory of semiotics which refers to the signifier and the signified, the author conducts an experiment to analyze elements of the communication of entrepreneurial values ​​in the figure of Ray Kroc in his journey of success which is shown in the film The Founder. The author conducted research using a qualitative method approach and the subject of the research focused on the main character Ray Kroc in the film The Founder and the object used was a form of communication of the entrepreneurial values ​​of Ray Kroc. The author uses a triangulation technique to ensure the validity of the data. The results of this study are that researchers can conclude that there is an element of communication of entrepreneurial values ​​on the figure of Ray Kroc which has been analyzed using Ferdinand de Saussure's semiotic analysis which focuses on entrepreneurial values.


Perkembangan zaman selalu bergerak secara dinamis dan cepat yang mempengaruhi segala aspek mulai dari kebiasaan perilaku seseorang, pola pikir, tindakan, dan termasuk dalam komunikasi dan informasi. Salah satu bentuk dari komunikasi dan informasi adalah Film. Film merupakan media massa yang dapat diserap oleh banyak khalayak, karena film mampu untuk menunjukan gambaran terhadap kehidupan sosial sehari-hari. film dapat memberikan pesan, informasi, gambaran, emosi dan juga memberikan dampak positif bagi penonton. Disisi lain, juga dapat memberikan efek negatif dari pesan yang disampaikan melalui film. Film dapat memberikan dampak yang besar dan masif kepada kehidupan masyarakat. Film The Founder merupakan film yang menceritakan perjuangan Ray Kroc untuk meraih kesuksesan melalui bisnis restoran McDonald. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisa unsur komunikasi nilai-nilai kewirausahaan yang terdapat pada film The Founder. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure yang mengutara kepada penanda (signifier) dan petanda (signified), penulis melakukan pencobaan analisis unsur komunikasi nilai-nilai kewirausahaan pada sosok Ray Kroc dalam perjalanan kesuksesannya yang ditampilkan pada film The Founder. Penulis melakukan penelitian dengan pendekatan metode kualitatif serta subjek dari penelitian memfokuskan pada tokoh Ray Kroc dalam film The Founder dan objek yang digunakan adalah bentuk komunikasi nilai-nilai kewirausahaan tokoh Ray Kroc. Penulis menggunakan Teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti dapat menyimpulkan terdapat unsur komunikasi nilai-nilai kewirausahaan pada sosok Ray Kroc yang telah dianalisa menggunakan Analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang berfokus kepada nilai-nilai kewirausahaan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Marvin Hotanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Eddy, A., & Junaidi, A. (2021). Analisis Semiotika Unsur Komunikasi Sosok Figur Soekarno Pada Film Soekarno: Indonesia Merdeka (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jakarta: Kiwari.

Fahmi, Irham. (2013). Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Gunawan, E. B., & Junaidi, A. (2020). Representasi Pendidikan Seks dalam Film Dua Garis Biru (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jakarta: Koneksi

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suseno, T. (2019). Analisis Semotika Pesan Moral Di Film The Founder. Bandung: UPT Perpustakaan.