Pemanfaatan Media Sosial Twitter dalam Menunjang Komunikasi Pemasaran Merchandise K-Pop pada Online Shop @fullsunkstuff
Main Article Content
Abstract
The existence of technological developments creates the internet and social media which provide changes to marketing such as promotion and advertising. Not only that, k-pop also increasingly worldwide due to the rapid spread of South Korean culture on social media. This resulted in increased business on line on k-pop merchandise. Online shop @fullsunkstuff is a business who sells k-pop merchandise especially the NCT group through social media Twitter to carry out its marketing communication activities. The purpose of this research is to find out how utilization social media Twitter in support marketing communications k-pop merchandise on online shop @fullsunkstuff. The methodology used is a qualitative approach with the case study method and data collection methods through interviews, observation, documentation, and literature study. After conducting research, the authors draw the conclusion that the utilization of social media Twitter is used online shop @fullsunkstuff by holding giveaway, carry out promotions using accounts autobase, and use the features Twitter provides to engage with its followers and potential buyers.
Adanya perkembangan teknologi menciptakan internet dan media sosial yang memberikan perubahan pada pemasaran seperti promosi dan periklanan. Tak hanya itu, k-pop juga semakin mendunia dikarenakan penyebaran budaya Korea Selatan pada media sosial yang sangat cepat. Hal ini mengakibatkan meningkatnya bisnis online pada merchandise k-pop. Online shop @fullsunkstuff adalah pelaku usaha yang menjual merchandise k-pop khususnya grup NCT melalui media sosial Twitter untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasarannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Twitter dalam menunjang komunikasi pemasaran merchandise k-pop pada online shop @fullsunkstuff. Metodologi yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentas, dan studi kepustakaan. Setelah melakukan penelitian, penulis menarik kesimpulan bahwa pemanfaatan media sosial Twitter yang digunakan online shop @fullsunkstuff dengan mengadakan giveaway, melakukan promosi menggunakan akun autobase, dan menggunakan fitur yang disediakan Twitter untuk berinteraksi dengan pengikut dan calon pembelinya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ahdiat, A. (2022). Ini Medsos Favorit Komunitas Penggemar K-Pop. Databoks. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/08/ini-medsos-favorit-komunitas-penggemar-k-pop, pada 29 November 2022.
Akbar, T. (2022). INFOGRAFIK: Negara Paling Banyak Bicarakan K-Pop di Twitter, Indonesia Teratas. Kompas. Diakses dari https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/02/11/111100582/infografik--negara-paling-banyak-bicarakan-k-pop-di-twitter-indonesia, pada 9 Desember 2022.
Azizah, A., Widyaningtyas, M. D., & Praceka, P. A. (2013). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS ONLINE MELALUI JEJARING SOSIAL TWITTER (Studi Deskriptif pada Online Shop “pesandvd”). http://eprints.untirta.ac.id/299/
Fitrohwati, L. A. (2022). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing Pada Penjualan Produk Nawangwulan Craft di Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Skripsi.
Handayani, S. P., & Permana, E. (2022). Strategi Pemasaran Merchandise Korea di Kalangan Generasi Z. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 13. file:///C:/Users/User/Downloads/5427-11007-1-PB.pdf
Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1 SE-Articles), 135–141. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178
Kominfo, Tim. (2021). Warganet Meningkat, Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet. Kominfo. Diakses dari https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/, pada 7 Maret 2022.
Muhammad, A. A. (2013). KESADARAN HUKUM MASYARAKAT KAMPUNG MAHMUD UNTUK MEMILIKI SERTIFIKAT ATAS HAK ULAYAT: Studi Kasus di Kampung Adat Mahmud Desa Mekarrahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 66–79. http://repository.upi.edu/406/6/S_PKN_0907327_CHAPTER3.pdf
Pahlevi, Reza. (2022). Ini Jumlah Penjualan Album Fisik Boyband Kpop NCT, NCT 127, dan NCT U. Katadata. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/28/ini-jumlah-penjualan-album-fisik-boyband-kpop-nct-nct-127-dan-nct-u, pada 30 September 2022.
Setyanto, Y., & Anggarisa, paula t. (2016). Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Perusahaan dengan Media. Jurnal Komunikasi, 9(September), 2–10.
Tim. (2022). Indonesia Jadi Negara dengan K-Poper Terbesar di Twitter. CNN Indonesia. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220126202028-227-751687/indonesia-jadi-negara-dengan-k-poper-terbesar-di-twitter, pada 19 September 2022.
Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). The Effect of Social Media to the Brand Awareness of a Product of a Company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9. https://doi.org/10.21512/commit.v10i1.1667
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS Bangkalan - Madura.