Analisis Komunikasi Persuasif melalui Akun Instagram @vittoria.residence dalam Membangun Kesadaran Merek
Main Article Content
Abstract
Brand awareness has an important role for a company, many property companies in the current era use Instagram as a promotional tool. The aim of this research is to find out how effective persuasive communication is in building brand awareness. When selling Vittoria Residence you must also use persuasive communication which aims to convince, influence or persuade consumers to buy the product being marketed. If there is no persuasive communication then product sales at Vittoria Residence will not reach the target or sales will decrease. This research uses a qualitative approach method by focusing on the Instagram account @Vittoria.residence. The data collection methods used in qualitative research are, namely, in-depth interviews, observation, document analysis, or direct participation in certain situations. These methods are designed to gain deeper insight into the participants' experiences and perspectives. The results received show that persuasive communication has an important role in carrying out sales promotions, with persuasive communication making someone more interested in seeing the promotional content that is presented. Vittoria Residence has carried out persuasive communication to its consumers through Reels, Influencer and Instagram Ads content. This method is carried out by Vittoria Residence by using online delivery or via Instagram social media, this can make consumers interested and influenced by the products that Vittoria Residence sells.
Kesadaran merek memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan, banyaknya perusahaan property di era saat ini menggunakan Instagram sebagai alat promosi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi persuasif dalam membangun kesadaran merek. Dalam melakukan suatu penjualan Vittoria Residence juga harus menggunakan komunikasi persuasif yang bertujuan untuk meyakinkan, memengaruhi, atau membujuk para konsumen dalam membeli produk yang sedang di pasarkan, jika tidak adanya komunikasi persuasif maka penjualan produk di Vittoria Residence tidak akan mencapai target atau penjualannya akan menurun. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan berfokus pada Akun Instagram @Vittoria.residence. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif yaitu, wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen, atau partisipasi langsung dalam situasi tertentu, metode ini dirancang untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam tentang pengalaman dan perspektif partisipan. Hasil menunjukkan bahwa komunikasi persuasif memiliki peran penting dalammelakukan promosi penjualan karena dengan adanya komunikasi persuasif membuat seseorang lebih tertarik dalam melihat kontenpromosi yang disajikan. Vittoria Residence sudah melakukan komunikasi persuasif kepada para konsumen nya melalui konten Reels, Influencer, dan Instagram Ads. Cara ini dilakukan oleh Vittoria Residence dengan menggunakan penyampaian secara online atau melalui media sosial Instagram, dengan ini bisa membuat para konsumen tertarik dan terpengaruh terhadap produk yang Vittoria Residence jual.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ahmad, M. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Administrasi Bisnis, 01.
Guarango, P. M. (2022). Analisis Proses Komunikasi Persuasif akun Instragram H.Purwanto,SH (@Bangpur.Bhp) Dalam menyampaikan Pesan Aspirasi Masyarakat DKI Jakarta. Jurnal Komunikasi, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Harianto, Y. A. (2019). Mendefinisikan Ulang Komunikasi Persuasif. The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the Twenty-First Century.
Hasyim, U., & Jombang, T. (2021). Alamtara : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam DAN KETERAMPILAN. 5(2), 91–105.
Kadek Claria, D. A., & Sariani, N. K. (2020). Metode Komunikasi Persuasif untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Masyarakat di Desa Kesiman Kertalangu pada Masa Pandemi Covid-19. Linguistic Community Services Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.1.2281.1-8
Nida, F. L. K. (2019). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.
Niluh Kurnia Dewi Pratami, N. D., Triansari, N. T., & Rahutama Atidira, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Mertha Buana Motor Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 31. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26187
Putri, F. I., & Lukmantoro, T. (2015). Teknik-teknik Persuasif Dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di YouTube). Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/185258-ID-teknik-teknik-persuasif-dalam-media-sosi.pdf
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 367–375. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/13620/13206
Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Yuliarti, D. A., Hermansah, T., & Fathurokhmah, F. (2022). Pola Komunikasi Persuasif Pemrosesan Informasi dalam Fenomena Aktivitas Dakwah Komunitas Terang Jakarta. Jurnal Kajian Komunikasi Budaya Islam, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.15408/virtu.vxxx.xxxxx