Komunikasi Pemasaran PT. Onda Mega Industri dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Main Article Content

Vanessa Thabita Regina Pesik
Wulan Purnama Sari

Abstract

The ONDA brand is one of the most popular sanitary products and has received several awards to date. This research aims to determine the use of marketing communications by the ONDA sanitary brand to create customer loyalty and to determine the media and marketing communication strategies used by the ONDA sanitary brand in an effort to create customer loyalty. Consumer satisfaction is the main goal of every company, measured through post-purchase evaluation of the extent to which the selected product or service meets or even exceeds expectations. This research uses qualitative research and case study methods. The data collection methods used in this research consist of interviews, observation and documentation. The results of this research show that the first strategy to increase customer loyalty towards ONDA sanitary products is to understand consumer needs, preferences and behavior. Marketing efforts are carried out both online and offline, using platforms such as Facebook, Instagram and TikTok. PT. Onda Mega Industri has implemented a loyalty program to increase customer satisfaction and motivation. These programs also include feedback from consumers, both positive and negative, to improve product and service quality.


 


Merek ONDA menjadi salah satu produk sanitary yang banyak diminati dan telah mendapatkan beberapa penghargaan sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan komunikasi pemasaran yang dilakukan merek ONDA sanitary dalam upaya menciptakan loyalitas pelanggan serta untuk mengetahui media dan Merek sanitasi ONDA menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk membangun loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen menjadi tujuan utama setiap perusahaan, diukur melalui evaluasi purnabeli terhadap sejauh mana produk atau layanan yang dipilih memenuhi atau bahkan melampaui harapan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Pendekatan pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pertama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk saniter ONDA adalah dengan memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen. Upaya pemasaran dilakukan baik online maupun offline, menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. PT. Onda Mega Industri telah menerapkan program loyalitas untuk meningkatkan kepuasan dan motivasi pelanggan. Program-program tersebut juga mencakup masukan dari konsumen, baik positif maupun negatif, untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Vanessa Thabita Regina Pesik, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Wulan Purnama Sari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alfansyur, A., & Artikel, R. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik Info Artikel Abstrak. 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Estamarinda, E., Akila, & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manivestasi, 3(1), 69–82. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/download/6407/5201

Insani, N. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Madiawati, Putu Nina, 4(3), 112–122. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/300

Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan ]

Kristianti, P., & Loisa, R. (2021). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan dalam Komunitas Wadah Pemimpin. Koneksi, 5(1),

106–112. https://doi.org/10.24912/KN.V5I1.10187

Mahanani, E., & Alam, I. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 19(01), 11–21. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550

Rio Sasongko, S., & Penulis, K. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/JIMT.V3I1.707

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, mun, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02.

Sekaran, U. (2011). Research Methods For Business. John Wiley & Sons. http://uilis.unsyiah.ac.id/uilis/index.php?p=show_detail&id=77268

Sukpa, W. D., Wijayanto, G., & Taufiqurrahman. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kebijakan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Lapangan Internasional Futsal Pekanbaru. Online Mahasiswa, 2(1), 1–18.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=898320

Widayati, Y. T., Prihati, Y., & Widjaja, S. (2021). Analisis dan Komparasi Algoritma Na Ve Bayes dan C4.5 Untuk Klasifikasi Loyalitas Pelanggan MNC Play Kota Semarang. Jurnal Transformatika, 18(2), 161. https://doi.org/10.26623/transformatika.v18i2.2541