Pengaruh Positif Komunikasi Pemasaran terhadap Citra Merek Bank ICBC Indonesia

Main Article Content

Maxwell Maxwell
Yugih Setyanto

Abstract

The world is starting to enter the era of globalization which has many impacts on companies in the business market, competition is becoming increasingly fierce and every company is becoming competitive. Companies are required to compete each other and create strategies that have a positive impact on competition in the market. Banks must create new innovations, develop their products and carry out effective marketing communications. This research aims to prove whether marketing communications give positive influence for brand image of Bank ICBC Indonesia. This research uses quantitative methods with purposive sampling techniques. To obtain research data, we will conduct a questionnaire survey using google form with a target population of the general public aged at least 21 years and domiciled in Jakarta, and a sample of 100 respondents will be taken. To assist the research process, data analysis was assisted with IBM SPSS 29 software. The reliability test in this study showed a number greater than 0.6, which means all data is reliable for use. The T test results show a t-count of 8.096. For the coefficient of determination test, the results obtained were that 40% of the brand image variable could be explained by marketing communication variables, and the remaining 60% was explained by other variables outside of this research. So it can be concluded that marketing communications give positive impact for the brand image of Bank ICBC Indonesia.


Dunia yang mulai memasuki era globalisasi memberikan banyak dampak bagi perusahaan yang ada di dalam pasar bisnis, persaingan menjadi semakin ketat dan setiap perusahaan menjadi kompetitif. Para perusahaan dituntut agar dapat bersaing dan menciptakan strategi-strategi yang memberikan dampak positif bagi persaingan dalam pasar. Para bank harus menciptakan inovasi baru, mengembangkan produk mereka dan melakukan komunikasi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah komunikasi pemasaran memberikan pengaruh positif terhadap citra merek Bank ICBC Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif serta menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data penelitian akan melakukan survey kuisioner melalui google form dengan target populasi masyarakat umum berusia minimal 21 tahun dan berdomisili di Jakarta, serta untuk sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Untuk membantu proses penelitian, analisis data dibantu dengan software IBM SPSS 29. Hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini menunjukkan angka lebih besar dari 0.6 yang berarti seluruh data reliabel untuk digunakan. Hasil dari uji T menunjukkan hasil t-hitung sebesar 8,096. Untuk uji koefisien determinasi mendapat hasil 40% variabel citra merek mampu dijelaskan oleh variabel komunikasi pemasaran, dan 60% sisanya bisa didapat dan dijelaskan oleh variabel lain yang ada diluar dari penelitian ini. Maka dapat disimpulkan komunikasi pemasaran memberikan dampak positif terhadap citra merek Bank ICBC Indonesia.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Maxwell Maxwell, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdurrachman, A. (2014). Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perbankan . Jakarta: PT Pradya Paramitya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ghozali, I. (n.d.). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 edisi 8. Semarang, 2017: UNDIP.

Salimun, S., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Proceedings Universitas Pamulang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutiyono, R., & Brata, H. (2020). The Effect of Prices, Brand Images, and after Sales Service Reinforced Bar Steel Products on Consumer Purchasing Decisions of Pt. Krakatau Wajatama Osaka Steel.