Pengaruh Terpaan Konten Marketing di Instagram Onezo terhadap Minat Beli
Main Article Content
Abstract
OneZo's marketing team uses Instagram social media to promote beverage products. Based on NapoleonCat data, in January 2022, Indonesia had 104.8 million active Instagram users. Content marketing is a marketing strategy that involves creating content to provide persuasive information to target consumers regarding the products being marketed. This study aims to identify whether exposure to content marketing on the @onezo.id Instagram account impacts purchase intention. This study uses a quantitative method with a correlational approach to evaluate whether there is a relationship between exposure to marketing content on Instagram @onezo.id and consumer buying interest. The results showed that the variable marketing content of Instagram feeds and stories @onezo.id (X) influenced consumer purchase intention (Y) by 71.6%. In comparison, other factors outside the scope of the study influenced the remaining 28.4%. From this study, it can be concluded that @onezo.id Instagram marketing content significantly influences consumer purchasing interest.
Tim marketing OneZo menggunakan media sosial Instagram untuk mempromosikan produk minuman. Berdasarkan data NapoleonCat pada Januari 2022, Indonesia memiliki jumlah pengguna aktif Instagram sebesar 104,8 juta orang. Content marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan pembuatan konten dengan tujuan memberikan informasi persuasif kepada target konsumen terkait produk yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah paparan konten marketing di akun Instagram @onezo.id memiliki dampak terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan tujuan untuk mengevaluasi apakah terdapat hubungan antara paparan konten marketing di Instagram @onezo.id dengan minat beli konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel konten pemasaran Instagram feeds dan story @onezo.id (X) mempengaruhi minat pembelian konsumen (Y) sebesar 71,6%, sementara 28,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar cakupan penelitian. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konten pemasaran Instagram @onezo.id memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Sudiro, Frans. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli. Konsumen Amdk Amidis Di Semarang. Serat Acitya – Jurnal Ilmiah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Syahputro, Eko Nur. (2020). Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Gresik: Cremedia Communication.