Pengaruh Public Relation Instagram @balonboxjakarta Terhadap Minat Beli Konsumen

Main Article Content

Ifan Chung
Yugih Setyanto

Abstract

Public Relations is a process of interaction between people and organisations that creates public opinion, perception, understanding, motivation, and public participation. Most companies use marketing public relations to retain consumers by providing satisfaction with product quality. Marketing public relations requires social media, such as Instagram. One of the party supplier business sectors that utilise social media is @balonboxjakarta. Instagram content @balonboxjakarta is used to provide information and increase consumer buying interest. The purpose of this study was to determine whether there is an influence of Public Relations Instagram @balonboxjakarta in maintaining consumer buying interest and how large the percentage of influence is. The number of samples in this study was 130 respondents who were followers of the @balonboxjakarta Instagram account. This study uses a quantitative approach that is explanatory and uses purposive sampling techniques in sampling. The final result of this study is the influence of Public Relations Instagram @balonboxjakarta in maintaining consumer buying interest by 54,4%, while the rest is influenced by other factors outside this study.


Public Relations merupakan proses interaksi antar masyarakat maupun organisasi yang menciptakan opini publik, persepsi, pengertian, motivasi, dan partisipasi publik. Sebagian besar perusahaan memiliki Marketing Public Relations untuk mempertahankan konsumen dengan cara memberikan kepuasan terhadap kualitas produk. Marketing Public Relations membutuhkan media sosial contohnya Instagram. Salah satu sektor bisnis party supplier yang memanfaatkan media sosial yakni @balonboxjakarta. Konten Instagram @balonboxjakarta digunakan untuk memberikan informasi dan meningkatkan minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Public Relations Instagram @balonboxjakarta dalam mempertahankan minat beli konsumen dan seberapa besar persentase pengaruh tersebut. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 130 responden yang merupakan followers akun Instagram @balonboxjakarta. Didalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 29. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya pengaruh Public Relations Instagram @balonboxjakarta dalam mempertahankan minat beli konsumen sebesar 54,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ifan Chung, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abidin, Z., Nursanti, S., Hakim, H. L., & Saragih, P. U. H. B. (2019). Pengaruh kegiatan marketing Public Relations “saturday barbeque night” terhadap pembentukan citra swiss bel inn hotel karawang. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 1(1), 50-61.

Azlina, A., Lestari, M. T., & Ali, D. S. F. (2015). Pengaruh Aktivitas Pada Instagram Terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram Di Bandung (studi Pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka Di Bandung). eProceedings of Management, 2(2).

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99-108.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantitative Research). Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2 (1), 86–100.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Nasution, C., Damanik, S. V., Rambe, N. S., Nabila, N., Chairozi, F., & Nurhanifah, N. (2023). Peran Public Relations Dalam Mengatasi Anjloknya Penjualan Iphone 13. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5107-5111.

Solis, B. (2010). Engage The Complete Guide For Brands And Businesses To Build, Cultivate, And Measure Success In The New Web. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Wahyuni, Sri.(2019). Pengaruh Konten Instagram @Smrfoodies Terhadap Minat Beli Followers. eJournal Ilmu Komunikasi

Wiradharma, G., Anam, K., & Ningrum, K. P. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Apartemen Pada Generasi Milenial. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 70-77.