Peran Interaksi Simbolik dalam Melakukan Komunikasi Pemasaran di Media Sosial Instagram Maxima Project

Main Article Content

Aldo Riady
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Symbolic interaction is always used by humans to carry out every activity. As the object of this research, the Maxima Project uses symbolic meaning in marketing communication on Instagram social media to communicate with audiences and target markets. Social media is the easiest and most flexible means of marketing advertisements, brands, or companies. This research wants to know how the Maxima Project conducts marketing communication on Instagram social media, which is studied using symbolic interaction theory. As a result, marketing communication is important for a company's sustainability. Company promotion will increase the public's attraction to a brand or company. Stages such as thinking about ideas, content, and concepts and looking at the target and market situation give maximum results to the Maxima Project.


Interaksi simbolik selalu digunakan oleh manusia dalam melakukan setiap aktivitas. Maxima Project selaku objek dari penelitian ini menggunakan makna simbolis dalam komunikasi pemasaran di media sosial Instagram untuk berkomunikasi dengan khalayak dan target pasar. Media sosial menjadi sarana yang paling mudah dan fleksibel dalam melakukan pemasaran iklan, brand, ataupun perusahaan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana Maxima Project melakukan komunikasi pemasaran di media sosial Instagram dikaji dengan teori interaksi simbolik. Hasilnya, komunikasi pemasaran merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan. Promosi perusahaan akan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap sebuah brand atau perusahaan. Tahap-tahap seperti memikirkan ide, konten, konsep, melihat target dan situasi pasar, memberikan hasil yang maksimal kepada Maxima Project.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Aldo Riady, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2018). Mendesain dan melaksanakan mixed methods research (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Durianto, D. dkk. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama.

Percy, L, & Rosenbaum. (2012). strategic advertising management. online resource center.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta.

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi introducing communication theory: analysis and application (5th ed.). Salemba Humanika.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa (kedua). PT Indeks.