SNA @jhonlbf: Personal Branding dalam Mengembangkan Brand Engagement
Main Article Content
Abstract
Social media is a place where people gather online to carry out activities and share information, knowledge and opinions on social media. Social media and personal branding can be used as a means of improving the brand itself. Based on the results obtained, leadership (The Law of Leadership) is part of superior personal branding on the Instagram account @jhonlbf. A leader must have more abilities than other people. Jhon LBF's leadership on his Instagram account is like content that shows Jhon LBF's way of treating his employees well and wisely. Based on the dimensions of personal branding, Jhon LBF has leadership that is superior to other dimensions. Jhon LBF's leadership is seen as a generous, friendly, but firm individual. Jhon LBF's special treatment of his employees, which was then uploaded on Instagram social media, received high engagement. This indicates that leadership in personal branding at Jhon LBF can develop brand engagement. This research approach is qualitative using the Social Network Analysis (SNA) method, by collecting and processing data from Analisa.io. Based on the research results, it shows that the personal branding carried out on the Instagram account @jhonlbf has good leadership, this leadership obtains high brand engagement based on views, likes and comments.
Media sosial merupakan tempat orang-orang berkumpul secara online untuk melakukan aktivitas dan perilaku saling berbagi informasi, pengetahuan dan pendapat masing-masing dalam media sosial. Media sosial dan juga personal branding dapat dijadikan sebagai sarana dalam meningkatkan brand itu sendiri. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, kepemimpinan (The Law of Leadership) adalah bagian dari personal branding yang unggul pada akun Instagram @jhonlbf. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan orang lain. Kepemimpinan Jhon LBF pada akun Instagramnya seperti konten yang menunjukkan cara Jhon LBF dalam memperlakukan karyawannya dengan baik dan bijak. Berdasarkan dimensi-dimensi dari personal branding, Jhon LBF memiliki kepemimpinan yang lebih unggul dari dimensi lainnya. Kepemimpinan Jhon LBF dilihat sebagai individu yang dermawan, ramah, namun tegas. Perlakuan Jhon LBF terhadap karyawannya dengan istimewa yang kemudian diunggah pada media sosial Instagram mendapatkan engagement yang tinggi. Hal ini menandakan bahwa kepemimpinan dalam personal branding pada Jhon LBF dapat mengembangkan brand engagement. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode Social Network Analysis (SNA), dengan mengumpulkan dan mengolah data dari Analisa.io. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding yang dilakukan pada akun Instagram @jhonlbf memiliki kepemimpinan yang baik, kepemimpinan tersebut memperoleh brand engagement yang tinggi berdasarkan views, like, dan comments.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Aditya, R., & Rumyeni. (2015). Garuda - Garba Rujukan Digital. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/319265
Gasani, D., Febridianti, A., & Pribadi, M. A. (2023). Peran Interaksi Simbolik dalam Membuat Content Marketing untuk Menciptakan Brand Engagement Media Sosial @dailysocial.id. Prologia, 7(1), 110–118. https://doi.org/10.24912/PR.V7I1.15884
Hendrawan, N. M. (2022). Pengaruh Personal Branding Terhadap Brand Trust dan Customer Engagement Akun Instagram @Natthassya. http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1087
Kartino, A., Khairul Anam, M., Teknik Informatika, J., Amik Riau, S., & Teknologi Informasi, J. (2021). Analisis Akun Twitter Berpengaruh terkait Covid-19 menggunakan Social Network Analysis. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(4), 697–704. https://doi.org/10.29207/RESTI.V5I4.3160
Kurniullah, A. Z. (2017). Strategi Viral Marketing PT MUSIM MULTI MEDIA Untuk Meningkatkan Traffic Social Media Fanspage Dan Brand Engagement.
Profil Lengkap Jhon LBF, Pengusaha Sukses Indonesia yang Lagi Viral di Twitter. (n.d.). Retrieved November 28, 2023, from https://entrepreneur.bisnis.com/read/20230124/265/1620892/profil-lengkap-jhon-lbf-pengusaha-sukses-indonesia-yang-lagi-viral-di-twitter
Purnama Sari, W., Winduwati, S., & Korespondensi, P. (2023). Analisa Media Sosial Dan Komunikasi Promosi Pada Pemengaruh Makro Di Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 102–113. https://doi.org/10.24912/JMIEB.V7I1.22804
Putri, A. W. (2018). PENGGUNAAN INSTAGRAM STORIES SEBAGAI PERSONAL BRANDING (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2014).
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(2), 280–288. https://doi.org/10.24912/KN.V5I2.10300
Soraya. (2021). Cara Menghitung Engagement Rate Instagram dengan Tools. https://dotnextdigital.com/cara-menghitung-instagram-rate/
Wati Evelina, L., & Fitrie Handayani, dan. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(01), 71–82. https://doi.org/10.25008/WARTAISKI.V1I01.10