Dinamika Pengaruh Komunikasi Persuasif terhadap Kepercayaan Nasabah dalam Konteks Industri Asuransi

Main Article Content

Stella Sofjan
Rezi Erdiansyah

Abstract

The use of persuasive communication is very much needed by insurance companies to rebuild the trust of insurance customers. In the context of business work, including marketing, advertising, product promotion, and also in the insurance industry. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of persuasive communication on insurance customer trustResearchers use persuasive communication theory and consumer trust theory. The research approach applied is quantitative, and data is collected through the application of questionnaires. This study took a sample of 100 respondents, with the distribution of questionnaires conducted using google forms, with the condition that respondents are residents who use insurance products and aged 17-35 years. Data analysis using the program SPSS ver 26. The results of the study showed that persuasive communication has an influence on insurance customer trust as much as 83%. Persuasive communication in the insurance company environment is an important element in efforts to change the perception, mindset, and behavior of potential customers regarding insurance, especially to gain interest from those who were previously less interested.


Penggunaan komunikasi persuasif sangat dibutuhkan oleh perusahaan asuransi untuk membangun kembali kepercayaan nasabah asuransi. Dalam konteks pekerjaan bisnis, termasuk marketing, advertising, promosi produk, dan juga dalam industri asuransi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi persuasif terhadap kepercayaan nasabah asuransi. Peneliti menggunakan teori komunikasi persuasif dan teori kepercayaan konsumen. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui penerapan kuisioner. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden, dengan penyebaran kuisioner yang dilakukan menggunakan google form, dengan syarat menjadi responden adalah populasi yang menggunakan produk asuransi dan berusia 17-35 tahun. Analisis data menggunakan program SPSS ver 26. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif memiliki pengaruh terhadap kepercayaan nasabah asuransi sebanyak 83%. Komunikasi persuasif di lingkungan perusahaan asuransi merupakan elemen penting dalam usaha mengubah persepsi, pola pikir, dan perilaku calon nasabah terkait asuransi, terutama untuk mendapatkan minat dari mereka yang sebelumnya kurang tertarik.

Article Details

Section
Articles

References

Dian, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 3, 1–25. http://repository.stei.ac.id/1653/4/BAB 3.pdf

Fauziah, M. L. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Persuasif , Personal Selling, Marketing Communication, Dan Komunikasi Interpersonal Agen Asuransi Syari’ah Dalam Meningkatkan Penjualan Polis Produk Asuransi Syari’ah (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Un. Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO

Gunawan, H., & Susanti, C. H. (2021). A new decade for social changes. Technium Social Sciences Journal, 24, 517–525. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/332/124

Hastuti, R. (2020). No Title. 16 Agustus. https://www.cnbcindonesia.com/market/20200816100319-17-180132/kacau-gagal-bayar-5-asuransi-ini-bikin-nasabah-teriak

Husin, A. (2022). KOMUNIKASI PERSUASIF (Dakwah Quraish Shihab Dalam Channel Youtube Najwa Shihab). Jurnal Kajian Keislaman, v, 39–55.

Kristianti, T. R., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Tingkat Kepercayaan Konsumen dan Minat Kunjungan Wisata Kuliner Kota Bogor. Prologia, 4(2), 393. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6686

Nurbani, A., Mulyanto, H., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 109. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.346

Oktayani, D. (2018). Konsep Tolong Menolong Dalam Asuransi Syariah. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(1), 39–50. http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/122

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Statistik Perasuransian. Statistik Perasuransian, 342. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/asuransi/Documents/Pages/Statistik-Perasuransian-2020/Statistik Perasuransian Indonesia 2020.pdf

Pardede, R. (2023). No Title. 22 Maret. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/03/21/ww

Putri, D. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Go-Jek. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Go-Jek, 14.

Rachmadani, D. I. (2023). MEMBANGUN KEPERCAYAAN NASABAH ( Studi Pada Agen dan Nasabah Asuransi Allianz Cabang Banjarmasin ).

Simon, M. K., & Alouini, M. (2004). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Ulandari, N. (2019). Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Prudential Khususnya Prudential Pru Advance Pekanbaru Dalam Mempertahankan Nasabah. 1–66. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/6969%0A