Media Sosial Instagram sebagai Wadah Kegiatan Promosi Band Kelana

Main Article Content

Muhammad Daffa Nadhir Asyrof
Farid Rusdi

Abstract

Kelana Band is a band that was formed in 2021, which do promotional activities via Instagram or without being tied to label. This thesis raises the issue of how the newly developed Kelana band uses Instagram to carry out its promotional activities, as well as what types of content are dominant. in carrying out promotional activities for the Kelana band on the band's Instagram page. This research uses marketing communication theory as its basis, this research uses descriptive qualitative methods, and has results, namely in carrying out activities to promote the Kelana band on social media. Instagram has two dominant types of content, namely promotional type content and entertainment type content. The conclusion of this research is Kelana band carries out promotional activities via Instagram without using all the pillar content, because the initial purpose of creating Instagram is as promotional and entertainment medium only, so for other types of content such as education and campaign content there is no application of pillar content to carry out promotional activities for Kelana band, rather than that, a band that is just developing, this can be the beginning where the work that has been made becomes a platform for other people to finally know about the work that has been made.


Band Kelana adalah band yang terbentuk pada tahun 2021, yang melakukan kegiatan promosinya melalui Instagram secara sendiri atau tidak terikat label, skripsi ini mengangkat isu tentang bagaimana band Kelana yang baru berkembang memanfaatkan media sosial Instagram dalam melakukan kegiatan promosinya, serta jenis konten apa saja yang dominan dalam melakukan kegiatan promosi band Kelana di dalam laman Instagram band tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Pemasaran sebagai landasannya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, serta mempunyai hasil yaitu dalam melakukan kegiatan mempromosikan band Kelana di media sosial Instagram mempunyai dua jenis konten yang dominan yaitu konten berjenis promosi dan konten berjenis entertain, kesimpulan dari penelitian ini yaitu band Kelana melakukan kegiatan promosi melalui Instagram tidak menggunakan semua konten pilar, karena yang menjadi tujuan awal terbuatnya Instagram ini yaitu sebagai media promosi dan entertain saja, sehingga untuk jenis konten yang lain seperti edukasi dan konten kampanye tidak ada penerapan konten pilar untuk melakukan kegiatan promosi bagi band Kelana, daripada itu, band yang baru berkembang, ini dapat menjadi awalan dimana karya yang sudah di buat jadi mendapatkan wadah untuk orang-orang lain akhirnya mengetahui karya yang sudah dibuat tersebut, sehingga band Kelana hanya perlu konsisten untuk terus membuat karya musiknya, sehingga masyarakat dapat mengenalnya.

Article Details

Section
Articles

References

Albarran, A. B. (2013). The social media industries [Routledge]. In A. Albaran (Ed.), The Social Media Industries. https://doi.org/10.4324/9780203121054

Ananda, D., Octavia, R., & Romadhan, M. I. (2023). Strategi Pemasaran Digital Konten Reels Di Instagram Suweger Indonesia.

Anggito dan Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif - Albi Anggito, Johan Setiawan - Google Buku. In CV Jejak.

Bachtiar. (2021). Mendesain Penelitian Hukum. In Harmoni.

Fadhallah. (2021). Wawancara. UNJ Press.

Febriana, B., & Setyanto, Y. (2019). Bunga Febriana, Yugih Setyanto: Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Broker dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan.

Sandu Siyoto dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing,.

Siti Rosmayati, Arman Maulana, Sofyan Sauri, & Ujang Cepi Barlian. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosional Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1). https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.215

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. In NilaCakra Publishing House, Bandung.

Yasir. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi: Sebuah Pedekatan Kritis dan Komprehensif. In Deepublish.

yenni arfah. (2022). Keputusan Pembelian Produk - Google Books. In Pt. Inovasi Pretama Internasional.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif & Penelitian Gabungan. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).