Pengaruh Citra Perusahaan dan Instagram terhadap Minat Melamar Pekerjaan pada Mahasiswa FEB Untar

Main Article Content

Ferlika Feliana
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

In today's era of globalization and digital advancement, competition for jobs is increasingly fierce. Today, finding a job depends not only on one's skills and qualifications, but also the extent to which a company is able to build a positive image in the eyes of potential applicants. This research study employs quantitative research methods to examine the potential impact of the company's image and the Instagram account @lifeatbca on the inclination of students to register for student employment at Tarumanagara University's Faculty of Economics. The study employed a descriptive quantitative research method, and a sample size of one hundred respondents was obtained. The participants in this research were all enrolled management majors enrolled in the Faculty of Economics and Business at Tarumanagara University. The method of sampling was ascertained through the implementation of simple random sampling. Methods of data collection involving the distribution of questionnaires to respondents via Google Form. (1) According to the findings, Instagram and the firm's reputation both have a positive role in influencing the desire to apply for a job at FEB Untar.  (2) Instagram exerts a more pronounced positive influence on job applicants' interest in FEB Untar compared to the company's image. (3) Students at FEB Untar are far more interested in applying for jobs when both the company's image and Instagram are present. This study can provide a more comprehensive insight into the impact of company image and the use of social media, especially Instagram, on students' interest in finding a job. The findings from this study can also make an important contribution in helping companies develop more efficient marketing strategies to attract the attention of prospective employees.


Dalam era globalisasi dan kemajuan digital saat ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sengit. Saat ini, mencari pekerjaan tidak hanya tergantung pada keterampilan dan kualifikasi seseorang, tetapi juga sejauh mana suatu perusahaan mampu membangun citra positif di mata calon pelamar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui apakah citra perusahaan dan akun Instagram @lifeatbca memengaruhi kecenderungan mahasiswa Universitas Tarumanagara untuk melamar pekerjaan di Fakultas Ekonomi. Dengan jumlah partisipan sebanyak 100 orang, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hanya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara yang sedang mengikuti program manajemen yang dilibatkan dalam penelitian ini. Menerapkan pengambilan sampel acak sederhana memastikan strategi pengambilan sampel. Mendistribusikan survei kepada responden dan mengumpulkan tanggapan mereka dengan Google Formulir adalah pendekatan pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah (1) Citra perusahaan dan Instagram memiliki peran positif dalam mempengaruhi minat melamar pekerjaan pada FEB Untar. (2) Instagram memiliki peran positif yang lebih besar daripada citra perusahaan dalam mempengaruhi minat melamar pekerjaan pada FEB Untar. (3) Citra perusahaan dan Instagram secara serentak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melamar kerja mahasiswa FEB Untar. Penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang dampak citra perusahaan dan penggunaan media sosial, terutama Instagram, terhadap minat mahasiswa dalam mencari pekerjaan. Temuan dari penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi penting dalam membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efisien untuk menarik perhatian calon karyawan.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory: a Bandura Thought Review Published in 1982-2012. Psikodimensia, 18(1).

APJII. (2023). Survei Internet Indonesia 2023. Retrieved September 17, 2023, from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia website: https://apjii.or.id/survei/2023

Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 5(1).

Ardi, Z., & Sumkawati, I. (2018). Social Media and The Quality of Subjective Well-being: Counseling Persprective in Digital Era (Proceedings: International Counseling and Education Seminar). Universitas Negeri Padang.

Cannaby, B. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Freshgraduate Ke Bank Syariah Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Intervenin. IAIN Salatiga.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irwanto, I., & Hariatiningsih, L. R. (2019). Aktivitas Santap dan Minum Generasi Z pada Media Sosial Instagram. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global (17th ed.). London: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Management (14th ed.). London: Pearson Prentice Hall.

Maulhayat, F., Kesuma, A. I., & Amiruddin, H. (2018). Peran Instagram Di Kalangan Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Purba, R. P., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasuspt. Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul). Universitas Riau.

Rosliana, & Loisa, R. (2018). Strategi Cyber Public Relations Dalam Memanfaatkan Media Sosial Untuk Membangun Citra Perusahaan. Prologia, 2(2).