Brand Ambassador Internasional dan Citra Produk Lokal
Main Article Content
Abstract
The development of the Korean Wave has had a big impact, one of which is the use of Korean actors as brand ambassadors to represent companies in the eyes of the public. One company that uses Korean actors as brand ambassadors is Azarine Cosmetic. Azarine Cosmetic officially announced that Lee Min-Ho will become its brand ambassador in April 2022. The purpose of this research is to describe the views of Azarine Cosmetic users regarding the use of Lee Min Ho as a brand ambassador. The research was conducted using several theoretical concepts that were considered important to assist research, namely communication concepts and theories, sources or communicators, brand ambassador characteristics, and image. This research carried out a qualitative approach. Meanwhile, the research methodology used is a case study. To obtain the required data and information, interviews were conducted with sources who met the requirements, documentation and literature study. The results of the research that has been carried out show that in selecting a brand ambassador, companies must consider the type and characteristics of the brand ambassador they will use. The beauty product company Azarine Cosmetic uses a spokesperson. In the process of selecting a brand ambassador, it is explained that there are several factors that need to be considered, such as relevance to the product, attractiveness and charisma, credibility, commitment, good communication, flexibility and social influence. Through the results of this research, it can also be seen that Lee Min-Ho meets the characteristics needed as a brand ambassador to form a positive company image in the eyes of the public.
Perkembangan Korean Wave memberikan dampak besar salah satunya adalah penggunaan aktor Korea sebagai brand ambassador untuk mewakili perusahaan di mata publik. Salah satu perusahaan yang menggunakan aktor Korea sebagai brand ambassador adalah Azarine Cosmetic. Azarine Cosmetic secara resmi mengumumkan bahwa Lee Min-Ho menjadi brand ambassador pada April 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan dari pengguna Azarine Cosmetic atas penggunaan Lee Min Ho sebagai brand ambassador. Penelitian dilakukan dengan menggunakan beberapa konsep teoritis yang dipandang penting untuk membantu penelitian yaitu konsep dan teori komunikasi, sumber atau komunikator, karakteristik brand ambassador, dan citra. Penelitian ini dilakukan pendekatan kualitatif. Sedangkan dan metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dilakukan wawancara dengan narasumber yang memenuhi persyaratan, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa dalam pemilihan brand ambassador, perusahaan harus mempertimbangkan jenis dan kerakteristikl brand ambassador yang akan digunakan. Perusahaan produk kecantikan Azarine Cosmetic menggunakan spokesperson. Dalam proses pemilihan brand ambassador digambarkan bahwa ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti relevansi dengan produk, daya tarik dan kharisma, kredibilitas, komitmen, komunikasi yang baik, flexibility serta pengaruh sosial. Melalui hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa Lee Min-Ho memenuhi karakteristik yang dibutuhkan sebagai seorang brand ambassador untuk membentuk citra perusahaan secara positif di mata publik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Azarine Cosmetic. (2021). Azarine Awards. Retrieved from Azarine Cosmetic: www.instagram.com/p/CYJXmmsvM9N/
Herawati, Herawati & Putra, Angga. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education. Volume 5, 4170-4178. 10.31004/joe.v5i2.1115
Magdalena, Suharyono, Mukhammad, 2015). Pengaruh Brand Ambassador. Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya. https://media.neliti.com/media/publications/85988-ID-pengaruh-brand-ambassador-terhadap-inter.pdf
Sukamto, V. P., & Primadini, I. (2023). The rebranding strategy of Azarine Cosmetic. Profesi Humans. Volume 8(12), 102-126. doi:https://doi.org/10.24198/prh.v8i1.45631
Trihendrawan, N. (2021). Tinggi Kadar SPF, Sunscreen Gel Azarine Banyak Diburu. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia Profesi Humas, Vol. 8 No.1, https://doi.org/10.24198/prh.v8i1.45631 .
Lestari dan Cahya (2023). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan. Metode Activity Based Costing.