Peran Public Relations serta Strategi dalam Membangun Brand Image PT. Bepah Karya Indonesia

Main Article Content

Christian Gabriel
Yugih Setyanto

Abstract

Public relations has an important role in determining public perception of a brand which can have an impact on the reputation and success of a company. With the right strategy, a publicist can build a company's brand image. This research discusses the strategies used by PT Bepah Karya Indonesia public relations in building the company's brand image. This research aims to determine the importance of the role of a publicist and the strategies used by PT Bepah Karya Indonesia's public relations in building its brand image. The research approach used is descriptive qualitative with a case study method. The author collected data through literature study, observation, documentation and interviews. The research results show that public relations has a big role in building a company's brand image. With the right strategy, public relations can form positive perceptions and help the company achieve its goals. The success of Bepah Coffee's public relations in building brand awareness and building a strong brand image through a number of strategies shows the relevance and effectiveness of the strategies used.


Public relation memiliki peran penting dalam menentukan persepsi masyarakat terhadap suatu brand yang dapat memberikan dampak terhadap reputasi dan kesuksesan sebuah perusahaan. Dengan strategi yang tepat, seorang public relation dapat membangun brand image sebuah perusahaan. Penelitian ini membahas tentang strategi - strategi yang digunakan oleh public relation PT Bepah Karya Indonesia dalam membangun brand image perusahaannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pentingnya peran seorang public relation serta strategi yang digunakan oleh public relation PT Bepah Karya Indonesia dalam membangun brand image. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penulis mengumpulkan data dengan studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, public relation memiliki peran yang besar dalam membangun brand image suatu perusahaan. Dengan strategi yang tepat, public relation dapat membentuk persepsi positif serta membantu perusahaan mencapai tujuannya. Keberhasilan public relation Bepah Coffee dalam membangun brand awareness dan membangun brand image yang kuat melalui sejumlah strategi menunjukkan relevansi dan keefektifan strategi yang digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Barnard, C. I. (1958). The Function of The Executive. Harvard University Press.

Baxter, P., & Jack, S. (2008). Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers. The Qualitative Report, 13(4), 544-559. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2008.1573

Goldhaber, G. M. (1993). Organizational Communication. Jakarta: Erlangga.

Kotler, K., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malik, D. H., & Irintara, Y. (1994). Komunikasi persuasive. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muktiyo, W. (2020). Buku Komunikasi Stunting: Strategi & Aksi. Jakarta: Direktorat Infokom PMK, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Yulianty, P. D., & Jufri, A. (2020). Perdebatan Empiris: Prinsip Metode Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Penelitian Sosial Ekonomi. Value: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 164–172. https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1291