Strategi Digital Public Relations PT. Toffee International dalam Membangun Brand Awareness melalui Event SEOCON

Main Article Content

Chris Lee
Yugih Setyanto

Abstract

Rapid technological advances require humans to be able to adapt. This can be seen from the emergence of the internet which has influenced human activities, including in the field of work. One of the activities affected by the emergence of the internet is public relations activities. Therefore, it is very important to carry out research or in-depth studies to see the impact of adopting digital technology in the world of public relations, looking further at what public relations authorities are preparing today both in organizations and in commercial businesses. This research was conducted to see how to elevate the digital public relations strategy carried out by PT. Toffee International or known as ToffeeDev in building company brand awareness through the SEOCON event. This research uses a qualitative approach with a case study method at PT. Toffee International as organizer of the SEOCON event. The results of this research found that several digital public relations strategies that had been carried out by PT. Toffee International provides company websites and event websites, carries out advertising on search engines such as Google, publishes content related to digital marketing on social media, and organizes events such as webinars, seminars, workshops and conferences. SEOCON is an international conference related to digital marketing held by ToffeeDev every year starting from 2019.


Kemajuan teknologi yang pesat, mengharuskan manusia untuk dapat beradaptasi. Hal tersebut dapat dilihat dari kemunculan internet yang memengaruhi kegiatan manusia termasuk di bidang pekerjaan. Salah satu kegiatan yang terdampak akibat kemunculan internet adalah kegiatan public relations. Oleh karena itu sangat penting untuk dilakukan penelitian atau telaah mendalam untuk melihat dampak pengadopsian teknologi digital dalam dunia public relation, melihat lebih jauh apa yang hari disiapkan oleh pemegang otoritas public relation baik dalam organisasi maupun dalam bisnis komersial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat mengangkat strategi digital public relations yang dilakukan PT. Toffee International atau dikenal ToffeeDev dalam membangun brand awareness perusahaan melalui event SEOCON. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada PT. Toffee International sebagai penyelenggara event SEOCON. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa beberapa strategi digital public relations yang telah dilakukan PT. Toffee International adalah menyediakan website perusahaan dan website event, melakukan advertising/iklan pada mesin pencari seperti Google, publikasi konten terkait digital marketing di media sosial, dan menyelenggarakan event-event seperti webinar, seminar, workshop, dan konferensi. SEOCON merupakan konferensi internasional terkait digital marketing yang diadakan oleh ToffeeDev setiap tahun mulai dari tahun 2019.

Article Details

Section
Articles

References

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik (1st ed.). Yogyakarta: CALPULIS.

Aprinta, G. (2014). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal The Messenger, 6(1), 1. https://doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.161

Ardianto, E. (2018). Handbook of Public Relations Pengantar Komprehensif (5th ed.; N. S. Nurbaya, Ed.). Bandung: SIMBIOSA REKATAMA MEDIA.

Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2018). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak (Journal of Communication), 1(2). https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2.483

Chitra, B., & Oktavianti, R. (2019). Strategi Digital Public Relations Pegiat Podcast dalam Membangun Brand Engagement (Studi Kasus dalam Podcast Duo Budjang). Prologia, 3(2), 532–538. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6390

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik (1st ed.; Suryani, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Jenty, F., & Setyanto, Y. (2019). Pemanfaatan Event sebagai Upaya Public Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan (Studi pada PT. XYZ sebagai pendukung kegiatan Asian Games 2018). Prologia, 2(2), 320. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3593

Lestari, M. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi dan Mutual Understanding (1st ed.; Suwito, Ed.). Jakarta: KENCANA.

Nurhansiah, Y. (2023, May 23). Orang Indonesia Makin Melek Internet. Retrieved November 30, 2023, from Indonesiabaik.id website: https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20survei%20Asosiasi%20Penyelenggara,sebanyak%20210%2C03%20juta%20pengguna.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Patra, A. V. (2019). Produksi dan Pengelolaan Konten New Media Berbasis Cyber PR dan Di Royal Ambarrukmo Yogyakarta (Analisis Deskriptif Kualitatif Produksi dan Pengelolaan Konten New Media pada Website dan Instagram Berbasis Cyber PR di Royal Ambarrukmo Yogyakarta periode April- Juni 2019) (Thesis (Skripsi), Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6378

Satira, A., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida Islamic Communcations Media Studies, 1(1), 179–202.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif (12th ed.). Bandung: ALFABETA.

Susilo, A. (2020). Aktivitas Cyber Public Relations Pegipegi.com Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 22–29. Retrieved from http://spektrum.stikosa-aws.ac.id

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi (5th ed.; D. E. Irawan, Ed.). Jakarta: Salemba Humanika.