Strategi Personal Branding Nano-Influencers Kecantikan dan Fashion melalui Media Sosial TikTok

Main Article Content

Putri Charenina
Septia Winduwati

Abstract

Based on survey results from the Association of Indonesian Internet Service Providers (APJII), internet users in Indonesia reached 215.63 million people in the period 2022 - 2023. In the current digital era, internet use is very important, where everything is done digitally, one of which is frequently used. namely social media where the public can obtain, process, get to know someone, disseminate information easily. Now there is social media which is very hype or a trend among young people which makes the private space of one's life often become public consumption which is often used by young people to share activities carried out for shape their identity. This is also used by beauty and fashion influencers to build personal branding. Therefore, this research aims to find out strategies for building personal branding from beauty and fashion nano-influencers through TikTok social media. The method used in this research is descriptive qualitative through interviews and documentation. This research found that building a person's personal branding requires high skills or expertise in introducing oneself to the public. This is because personal branding is an important thing for someone to do to be able to compete with other people to achieve a life goal. The strategy for determining when to post videos is also one of the supporting factors for success in building personal branding.


Berdasarkan hasil survei Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022 – 2023. Pada era digital saat ini, penggunaan internet sangat penting yang mana segala sesuatu dilakukan melalui digital salah satunya yang sering digunakan yaitu media sosial yang mana publik dapat memperoleh, mengolah, mengenal seseorang, menyebarkan informasi dengan mudah. Pada saat ini terdapat media sosial yang sangat hype atau trend dikalangan anak muda yang membuat ruang privasi hidup seseorang seringkali menjadi konsumsi publik yang mana hal ini seringkali dimanfaatkan oleh anak muda untuk membagikan kegiatan yang dilakukan untuk membentuk jati diri mereka. Hal ini pula dimanfaatkan oleh seorang beauty dan fashion influencer untuk membangun personal branding. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui strategi membangun personal branding dari beauty dan fashion nano-influencers melalui media sosial Tiktok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa dalam membangun personal branding seseorang diperlukan keterampilan atau keahlian yang tinggi dalam mengenalkan dirinya kepada publik. Hal ini dikarenakan personal branding menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh seseorang untuk mampu bersaing dengan orang lain untuk mencapai sebuah tujuan hidup. Strategi dalam menentukan waktu posting video juga menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam membangun personal branding.

Article Details

Section
Articles

References

Cutlip, S. M. (2004). Effective Public Relations (edition 8). New Jersey: Prentice Hall.

Farida. (2019). Instagram sebagai Alat Personal Branding Dalam Membentuk Citra Diri (Studi Pada Akun Bara Pattiradja-wane). Jurnal Ilmu Komunikasi.

Finaka, W. (2023, Juni). Orang Indonesia Makin Melek Internet. p. 1.

Intan, R. (2023, Oktober 4). Harapan Baru, Masa Depan Industri Influencer Marketing.

Maoyan. (2014). Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing. International Journal of Business adn Social Science , 92-97.

Mawarni, A. (2016, Oktober - November 1-30). Analisis Isi pada Artikel Romansa di Zetizen.com (Studi Analisis isi Artikel Romansa pada Web Zetizen.com Periode 1). pp. 1-10.

Mulachela, H. (2022, Januari 12). Komunikasi adalah: Definisi, Unsur, dan Tujuannya.

Montoya. (2009). The Brand Called You. USA: McGraw Hill.

Tamimy, M. F. (2017). “Sharing-mu, Personal Branding-mu, Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial”.

Yusanda, A. (2021). Strategi Personal Branding Melali Media Sosial Instagram. Scriptura, 41-52.