Studi Komunikasi Kelompok dalam Divisi Marketing PT Mirae Indonesia

Main Article Content

Frenky Julianto
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

One of the many forms of communication that we often encounter in everyday life is group communication. In this case, group communication is communication that occurs with several individuals. In this case, group communication will also influence the success of the group in achieving the goals to be achieved. In this research, group communication occurred within the marketing division of PT. Mirae Indonesia will be researched further. Because of this, this research will involve three informants, namely Alexa, Pandu, and Yohanes as well as one expert informant, namely Maria. In this case, apart from interviews, this research also uses documentation and observation data collection methods with the aim of obtaining more relevant data. The purpose of this research is to determine the function and process of group communication that occurs within the marketing division of PT. Mirae Indonesia. The theory used in this research is group communication theory. The results from this research are that group communication that occurs within the marketing division also has a function and also goes through various stages.


Salah satu bentuk komunikasi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah komunikasi kelompok. Dalam hal ini komunikasi kelompok merupakan komunikasi yang terjadi dengan beberapa individu. Dalam hal ini komunikasi kelompok juga akan mempengaruhi keberhasilan kelompok dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dalam penelitian ini terjadi komunikasi kelompok pada divisi pemasaran PT. Mirae Indonesia akan diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini akan melibatkan tiga orang informan yaitu Alexa, Pandu, dan Yohanes serta satu orang informan ahli yaitu Maria. Dalam hal ini selain wawancara, penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi dan observasi dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan proses komunikasi kelompok yang terjadi pada divisi pemasaran PT. Mirae Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi kelompok. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi kelompok yang terjadi pada divisi pemasaran juga mempunyai fungsi dan juga melalui berbagai tahapan.

Article Details

Section
Articles

References

Deni Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.

Faruq Alhasbi. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Tahta.

Jonathan Sarwono. (2006a). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Jonathan Sarwono. (2006b). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Joseph A. DeVito. (2016). The Interpersonal Communication Book. Pearson.

Leni Marlina, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Neneng Kartika Rini, Ahisa Novianti, Popon Srisusilawati, Ulfa Yuniati, Alfatih, Hafidz Hanafiah, Diana Triwardhani, Nurhafifah Matondang, Theresia Wati, Miguna Astuti, & Defi Pujianto. (2020). Digital Marketing (Vol. 1). Widina Bhakti Persada Bandung.

Mohammad Ali. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Mohammad Rusdi. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volum Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkaah Jaya. Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 8–17.

Mustiqowati Ummu Fithriyyah. (2021). Dasar Dasar Teori Organisasi. Rdev.

Rifka Agustianti, Pandriadi, Lissiana Nussifera, Angelianawati, I Rai Hardika, & Effi Alfiani Sidik. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Tohar Media.

Syarifuddin, Silvya Mandey, & Willian A Tumbuan. (2022). Sejarah Pemasaran dan Strategi Bauran Pemasaran (7th ed., Vol. 1). Istana Agency.