Analisis Regresi Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Aneka Ragam

Main Article Content

Faldie Muhamad Haikal
Wulan Purnama Sari

Abstract

The increasingly rapid development in the era of globalization has resulted in the development of modern retail, especially in all its variations. Retail businesses concentrate on selling goods or services to end customers through various distribution channels. A good and strong brand image can be applied in various types of business, such as retail business. PT. Aneka Ragam is a retail shop that provides equipment and attributes for security, POLRI, TNI and civil servants, including shoes, clothes, bags and others. The aim of this research is to identify how much influence brand image has on customer satisfaction in retail companies (PT. Aneka Ragam). This research was conducted using quantitative research methods using a correlational approach. This research was processed using normality tests, simple linear regression analysis, correlation analysis, validity tests and reliability tests. The results of this research show that brand image has an influence on customer satisfaction at retail company PT. Variety. The majority of respondents felt satisfied and in line with expectations for PT products. Variety and consumer needs are met. PT Aneka Ragam provides impressive products and has high credibility in creating/manufacturing each product. The regression coefficient is positive.


Perkembangan yang semakin pesat di era globalisasi menyebabkan semakin berkembangnya ritel modern, terutama dalam segala variasinya. Bisnis retail berkonsentrasi pada menjual barang atau jasa kepada pelanggan akhir melalui berbagai saluran distribusi. Brand image yang baik dan kuat dapat diterapkan dalam berbagai jenis usaha, seperti bisnis ritel. PT. Aneka Ragam adalah toko ritel yang menyediakan perlengkapan dan atribut untuk security, POLRI, TNI, dan PNS, termasuk sepatu, baju, tas, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh brand image terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan retail (PT. Aneka Ragam). Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Penelitian ini diolah dengan menggunakan uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi, uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan perusahaan retail PT. Aneka Ragam. Mayoritas responden merasa puas dan sesuai dengan harapan atas produk PT. Aneka Ragam serta kebutuhan konsumen terpenuhi. PT Aneka Ragam memberikan produk yang mengesankan serta memiliki kredibilitas yang tinggi dalam menciptakan / pembuatan setiap produknya. Koefisien regresi tersebut bernilai positif.

Article Details

Section
Articles

References

Alverina, C. (2022). Pengaruh Collaboration Branding Ittaherl dan Disney Terhadap Brand image . Jurnal Repository Untar, 1(1). Retrieved from http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34186

Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Buku Ajar Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan (Cetakan Pertama ed.). (M. ,. Septi Budi Sartika, Ed.) Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia: UMSIDA Press.

Ham, S., Lee, K. S., Koo, B., Kim, S., Moon, H., & Han, H. (2021). The rise of the grocerant: Patrons’ in-store dining experiences and consumption behaviors at grocery retail stores. Journal of Retailing and Consumer Services, 62. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102614

Hamzah, A., Wahyudi, & Eliana. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara XIII Pabrik Minyak Sawit Paser Belengkong. Jurnal Manajerial, 8(1). doi: http://dx.doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v8i01.1982

Herliza, R., & Saputri, M, E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada ZARA di Mall PVJ Bandung. E-proceeding of Management, 3(2): 1949-1955. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1917

Indahsari, D, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (Pertama). Unitomo Press, Surabaya, pp 61-62.

Islamy, I. (2019). Penelitian Survei Dalam Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 1(1). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Izzul-Islamy/publication/335223420_Penelitian_Survei_dalam_Pembelajaran_Pengajaran_Bahasa_Inggris/links/5d582e1aa6fdccb7dc451934/Penelitian-Survei-dalam-Pembelajaran-Pengajaran-Bahasa-Inggris.pdf

Jannah, E. N., Sudaryanto, & Wulandari, G. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store di Jember. Jurnal UNEJ e-Proceeding, 1(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9180

Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, P. (2018). Principles of Marketing : Global Edition 17th. United Kingdom:: United Kingdom: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Education

Nurhalim, A. D. (2020). Pengaruh Brand Image Gojek terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Efek Covid 19 Konsumen Karawaci Tegal Baru Tangerang). Jurnal Bina Manajemen, 9(1), 17- 29. Retrieved from https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/112

Siregar, A. A. (2021). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Perbankan Syariah Semester 6 IAIN Padangsidimpuan. Jurnal UIN Sumatera Utara, 1(1). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11969

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1). Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/1714/110

Wardani, N. T., & Dewi, R. M. (2021). Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi dan Modal Usaha Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2). Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/view/77