Media Sosial sebagai Sarana Meningkatkan Brand Awareness

Main Article Content

Cynangal Gisellim
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Brand becomes one of the important things because it makes it easier for people to determine the goods to be purchased. Brand awareness is a situation where consumers are able to remember and recognize a product easily. One of the efforts that can increase brand awareness is by means of promotion because with the promotion of the public so know about the existence of the product. Along with the development of the internet now, social media is an effective tool for promotion because it can increase public knowledge about products and change people's attitudes from those who only pay attention to being interested in products. This study aims to determine the promotional strategy of Honda Bintang Cimone in increasing brand awareness through Instagram and Facebook. The method used is SWOT analysis with a qualitative approach through case studies. Data were collected through interviews, observations, documentation, and literature studies. The results showed that the promotion strategy through social media succeeded in providing advantages and opportunities for the company to reach people far from the location of the Honda Bintang Cimone dealer. In conclusion, utilizing social media as a promotional tool provides minimal cost advantages and the ability to reach many people. Social media also helps in disseminating information and can interact directly with consumers so that it becomes the right tool in increasing brand awareness.


Merek menjadi salah satu hal penting karena mempermudah masyarakat dalam penentuan barang yang akan dibeli. Brand awareness adalah keadaan dimana konsumen mampu mengingat dan mengenali sebuah produk dengan mudah. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kesadaran merek adalah dengan cara promosi karena dengan adanya promosi masyarakat jadi mengetahui tentang keberadaan produk. Seiring berkembangnya internet, media sosial menjadi alat yang efektif untuk berpromosi karena dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk dan mengubah sikap masyarakat dari yang hanya memperhatikan menjadi tertarik dengan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Honda Bintang Cimone dalam meningkatkan brand awareness melalui Instagram dan Facebook. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi melalui media sosial berhasil memberikan kelebihan dan peluang bagi perusahaan untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari lokasi dealer Honda Bintang Cimone. Kesimpulan penelitiabini adalah pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi memberikan keuntungan minimal biaya dan kemampuan untuk menjangkau banyak orang. Media sosial juga membantu dalam penyebaran informasi dan bisa interaksi langsung dengan konsumen sehingga menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan kesadaran merek.

Article Details

Section
Articles

References

Gurmilang, A. (2015). Komunikasi Pemasaran Sebagai Metode Promosi Untuk Usaha Kecil Menengah. In Jurnal Universitas Pembangunan Jaya (Vol. 2).

Handika, M. R. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 194.

Kurnianti, A. W. (2017). Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK. Jurnal Universitas Tidar, 77.

Martha, R. F. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! (Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies). Jurnal Komunikasi, 72.

Orlando, D. (2015). Analisa Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Sepeda Motor " Kawasaki Ninja 250Fi ". In Jurnal Managemen Pemasaran Petra (Vol. 3, Issue 1). http://motor.otomotifnet.com

Shevany, M. (2018). Analisis Strategi Membangun Brand Awareness E-Commerce Shopee Di Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 2.

Zannah, S. A. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Di Era Post-Millenial (Studi Kasus Pada Media Sosial Instagram). EPrints UNISKA, 6.