Pengaruh Media Instagram terhadap Keramaian Pengunjung Nagoya Hill Mall Batam

Main Article Content

Cherly Thomas
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

The pervasive influence of social media in people's day-to-day activities indicates that it is no longer seen as a taboo. Especially with today's generation of young people who are increasingly sophisticated and creative in using social media. Social media proves to be a powerful tool for business promotion as it is accessible to everyone. Thus, the scope of the promotional reach can be broader. Many companies now consider social media an essential component of their marketing strategies, as it stands out as one of the most effective means to connect with their customer base. The importance of Instagram social media can also be applied through many objects, including entertainment centers. This research aims to investigate and analyze the dynamics of social medi., especially Instagram, as an attraction for visitors to Nagoya Hill Mall Batam. The concepts and theories used in this research are social media, Instagram and the theory of attraction to visitors. In collecting data, researchers carried out observations, documentation and questionnaires. The outcomes of this research state that relationship analysis (product moment Pearson) is very helpful for research to demonstrate a positive correlation between the influence of social media, especially Instagram Nagoya Hill Mall Batam, and the attraction of visitors.


Besarnya peran medi sosial dalam aktivitas masyarakat sehari-hari menunjukkan bahwa social media sudah tidak lagi dipandang sebagai hal yang tabu. Terlebih dengan generasi muda masa kini yang semakin canggih dan kreatif dalam menggunakan social media. Media sosial terbukti menjadi alat yang ampuh untuk promosi bisnis karena dapat diakses oleh semua orang. Dengan demikian, cakupan jangkauan promosi bisa lebih luas. Banyak juga perusahaan yang kini menganggap media sosial sebagai komponen penting dari strategi pemasaran mereka, karena media sosial merupakan salah satu cara paling efektif untuk terhubung dengan basis pelanggan mereka. Pentingnya social media Instagram juga dapat diterapkan melalui banyak objek, termasuk pusat hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dinamika media sosial khususnya Instagram sebagai daya tarik pengunjung Nagoya Hill Mall Batam. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah media sosial, Instagram dan teori ketertarikan pengunjung. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa analisis hubungan (product moment Pearson) sangat membantu penelitian untuk menunjukkan korelasi positif antara adanya peran dari pengaruh social media khususnya Instagram Nagoya Hill Mall Batam dengan daya tarik pengunjungnya.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Budi Sulistio. (2017). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. Jurnal ProFilm 2020-Boim-Membangun Branding, 1–16.

Dewi, N. P. A. L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise: The effect of social media on the interest of tourists visiting the attraction of sunrise variety tourism. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(2), 276–285.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Langi, E., Londa, N. S., & Tulung, L. (2018). Pengaruh Komunikasi Media Online Aplikasi Ruang Guru Pt. Ruang Raya Indonesia Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 1 Manado. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 1–16.

Tong, T. K. P. B., & Subagio, H. (2020). Analisa Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Instagram Adidas Indonesia Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 10.