Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Instagram @Hyundai.Aristagroup

Main Article Content

Cavin Andrianus
Farid Rusdi

Abstract




Hyundai is active in competition in the automotive market in Indonesia. With so many competitors, a strategy is need to attract consumers. One of them is by implementing an effective marketing communication strategy through digital marketing. This research aims to determine the process of implemented digital marketing communication strategies on Instagram @hyundai.aristagroup. The concept of digital marketing theory consists of four dimensions (Eun Young Kim, 2002), namely cost/transaction, interactive, incentive program, and site design. The research method uses descriptive qualitative techniques. The data collection method was a structured interview with four sources. Data analysis went through three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results found that the process of implementing digital marketing communication strategies on Instagram @hyundai.aristagroup can be said to be quite good and effective. This can be seen from the fact that the cost/transaction level is quite good. With a right cost/transaction level, the digital marketing techniques used will have an impact on reducing costs and time so that marketing activities become efficient. The interactive level is quite good, where interactive digital marketing will create good relationships between the company and its consumers. The incentive program level is quite good with content containing incentive programs, consumers will be able to easily understand the company's products. The level of site design is quite good with a good site design it will be able to influence product sales in the company.


Hyundai aktif dalam persaingan dalam pasar otomotif di Indonesia. Dengan banyaknya pesaing, diperlukan strategi untuk menarik konsumen. Salah satunya dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi strategi komunikasi digital marketing di Instagram @hyundai.aristagroup. Konsep teori digital marketing terdiri dari empat dimensi (Eun Young Kim, 2002), yaitu cost/transaction, interactive, incentive program, dan site design. Metode penelitian menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data berupa wawancara terstruktur dengan empat narasumber. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa proses implementasi strategi komunikasi digital marketing pada Instagram @hyundai.aristagroup dapat dikatakan cukup baik dan efektif. Hal tersebut terlihat dari tingkat cost/transaction sudah cukup baik, dengan tingkat cost/transaction yang baik maka teknik digital marketing yang dilakukan akan berdampak pada pengurangan biaya dan waktu sehingga kegiatan marketing menjadi efisien. Tingkat interactive sudah cukup baik, dimana digital marketing yang interactive akan menciptakan hubungan baik antara perusahaan dengan konsumennya. Tingkat incentive program sudah cukup baik, dengan konten yang memuat program insentif maka konsumen akan dapat dengan mudah memahami produk-produk perusahaan. Tingkat site design sudah cukup baik, dengan site design yang baik maka akan dapat membantu profil penjualan produk perusahaan.




Article Details

Section
Articles

References

Apriliani, L., & Ferdinand, A. T. (2015). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Market Share. Diponegoro Journal Of Management, 4(3). 41-53.

Akkas, N. (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan Membeli Mobil Pada PT Hadji Kalla Cabang Palu. Katalogis, 4(1). 24-36.

Eun Young Kim, Y.-K. K. (2002). Predicting online purchase intentions for clothing products, 883-897.

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang

Semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119-124.

Hyundai. (2023). https://www.hyundai.com/id/id/hyundai-story/hyundai-indonesia (Diakses pada tanggal 05 Oktober 2023)

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Retnowati, R. E. N., Wahyudi, S. N., Anwar, & Listiyono, H. (2021). Optimalisasi Media Sosial Facebook Untuk Mendukung Perluasan Jaringan Pemasaran Bagi Kelompok Wanita Kreatif (Kwk) Seroja. KACANEGARA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1).

Wicaksono, A., Suyadi, I., Hidayat, K (2014). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Ekuitas Merek (Studi pada konsumen mobil Toyota

Avanza tahun 2012 di Auto 2000 Malang cabang Sukun). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(2). 1-10.