Studi Komunikasi Antarpribadi antara Pelatih dengan Petarung MMA

Main Article Content

Calvin Derio
Suzy Azeharie

Abstract

This research discusses interpersonal communication between trainers and fighters at the Syllabus MMA Training Camp, West Jakarta. Syllabus MMA Training Camp is a mixed martial arts training gym such as boxing, muaythai, and grappling/MMA. The approach used by the author is a qualitative approach and the method used is a case study. A case study is research about an event that has occurred without the researcher making any intervention. The results obtained in this research are interpersonal communication that occurs intensely between trainers and fighters. Interpersonal communication has a big impact on the development of fighters. Therefore, it can be concluded that interpersonal communication that occurs between trainers and fighters has a big impact on fighter motivation and performance.


Penelitian ini membahas mengenai Komunikasi Interpersonal antara Pelatih dengan Petarung di Syllabus MMA Training Camp Jakarta Barat. Syllabus MMA Training Camp ini merupakan sasana latihan beladiri campuran seperti boxing, muaythai, dan grappling/MMA. pendekatan yang digunakan penulis yaitu pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan yaitu studi kasus. Studi kasus adalah suatu penelitian tentang suatu peristiwa yang telah terjadi tanpa penulis melakukan campur tangan dalam masalah apapun. Hasil yang diperoleh di dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang terjadi dengan intens antara pelatih dengan petarung. Komunikasi interpersonal memi liki dampak yang besar untuk perkembangan para petarung. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjadi antara pelatih dengan petarung memiliki dampak yang besar pada motivasi dan prestasi petarung.

Article Details

Section
Articles

References

Afriyadi, F. (2015). Efektivitas komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan karyawan PT. Borneo Enterprsindo Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 362-376.

Ramadanty, S. (2014). Penggunaan komunikasi fatis dalam pengelolaan hubungan di tempat kerja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1-12.

Saputro, M. F. J. (2023). Komunikasi Persuasif Pengurus Save Street Child Dalam Memotivasi Belajar Anak (Studi Kasus Pada Komunitas Save Street Child Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).