Peran Interaksi Simbolik Marketing dalam Melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Packaging PT Ashley Jaya Pratama

Main Article Content

Anwen Bagus Susila
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

In communication science, one of the things that is very close to real work is marketing a product or service. Symbolic interaction is how humans understand each other. Communication strategy is an important thing used in the corporate world, especially as Marketing PR to convey information and product ideas. Relationships between marketing and consumers are very much needed in companies in order to establish better relationships and build comfort between the two parties and the company. Apart from that, Marketing PR is also useful for maintaining a good image of the company among the public. Therefore, the aim of this research is to determine the role of symbolic interactions in Marketing PR communication strategies in marketing PT Ashley Jaya Pratama's packaging products. This research uses qualitative research methods, interviews with internal parties and connecting with symbolic interactions.


Dalam ilmu komunikasi salah satu yang sangat dekat dengan dunia profesional adalah marketing communication. Di sana terdapat proses interaksi simbolik, yakni bagaimana manusia memahami satu sama lain kewat simbol-simbol komunikasi. Sebagai sebuah  proses komunikasi untuk mencapai tujuan tertentu, maka diperlukan sebuah strategi, yakni strategi komukasi. Strategi komunikasi adalah hal penting yang digunakan dalam dunia Perusahaan khususnya sebagai marketing public relation (MPR) untuk penyampaian informasi dan gagasan produk. Hubungan antara pihak marketing dan konsumen sangat dibutuhkan dalam perusahaan guna menjalin hubungan yang lebih baik dan membangun kenyamanan antar dua pihak. Selain itu MPR juga berguna untuk menjaga citra baik Perusahaan antar khalayak. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran interaksi simbolik strategi komunikasi MPR dalam memasarkan produk packaging PT Ashley Jaya Pratama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, wawancara dengan pihak internal dan menghubungkan dengan interaksi simbolik. Hasil penelitian menunjukkan, dengan menggunakan strategi pemasaran, perusahaan menciptakan hubungan dengan konsumen dengan tujuan memperoleh kepercayaan dan kenyamanan selama proses penawaran atau pemasaran produk.

Article Details

Section
Articles

References

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Journal Untar, 4.

Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2020). Pemasaran. Andi Yogyakarta.

Wasesa. S. A. (2005). Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yin, R. K. (2006). Studi kasus: desain & metode. Jakarta: RajaGrafindo.