Strategi Humas Inspiring Agency dalam Membangun Citra Positif Perusahaan di Kalangan Generasi Z

Main Article Content

Aditiya Muharizal Rizki
Sisca Aulia

Abstract

Image is a very important asset for an organization or company that should be continuously built, maintained and nurtured. Currently, companies operating in the insurance sector are competing to be at the forefront by following developments in information technology. Inspiring Agency is an insurance business unit headed by a Senior Agency Director. The business run by Inspiring Agency is PT Prudential's insurance business. This research aims to determine Inspiring Agency's public relations strategy in building a positive company image among generation Z. In this research the author uses a qualitative approach. The results of this research show that Inspiring Agency continues to strive to create a positive image, socialize its vision, and communicate with the public, especially generation Z. To achieve its goals, Inspiring Agency implements a structured planning strategy. This strategy is an implementation of Inspiring Agency's actions. In its strategy, Inspiring Agency applies publications, events, news, community involvement, image delivery, lobbying and negotiation, and social responsibility.


Citra merupakan aset yang sangat penting bagi organisasi atau perusahaan yang semestinya harus terus menerus dibangun, dipelihara, dan dipertahankan. Saat ini perusahaan yang bergerak pada bidang asuransi bersaing menjadi yang tedepan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Inspiring Agency adalah salah satu unit bisnis asuransi yang dikepalai oleh Senior Agency Director. Bisnis yang dijalani oleh Inspiring Agency adalah bisnis asuransi PT Prudential. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas Inspiring Agency dalam membangun citra positif perusahaan di kalangan generasi Z. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inspiring Agency terus berusaha untuk menciptakan citra positif, mensosialisasikan visinya, dan berkomunikasi dengan masyarakat terutama generasi Z. Untuk mencapai tujuan, Inspiring agency menerapkan strategi perencanaan yang terstruktur. Strategi tersebut merupakan implementasi dari tindakan Inspiring Agency. Dalam strateginya, Inspiring Agency menerapkan publications, event, news, community involvement, inform of image, lobbying and negotiations, dan social responsibility.

Article Details

Section
Articles

References

Cutlip, S. M. et. al. (2007). Effective Public Relations (IX, Vol. 2). Kencana.

Dwijayanti, J., & Kusumastuti, Y. I. (2018). Hubungan antara Cyber Public Relations dalam Mengkomunikasikan Etika Bisnis dan Citra Burgreens. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2).

Erdiansyah, D.;Arifin, R.;& Slamet, A. R. (2020). Pengaruh Harga, Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman TIKI Dinoyo. e-Jurnal Riset Manajemen, 9(13).

Fadli, R., Gushevinalti, G., & Firmansyah, M. A. (2021). Strategi Humas Perguruan Tinggi dalam Membangun Reputasi: Studi Alih Status IAIN Bengkulu menjadi UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 21(1). https://doi.org/10.29300/syr.v21i1.4234

Herlina, S. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAHAN DI KOTA MALANG. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(3), 493. https://doi.org/10.33366/JISIP.V4I3.132

Hikmiyah, J. (2020). Corporate Socal Responsibility Sebagai Bentuk Citra Perusahaan di PT Gudang Garam Tbk Kediri. Repository Stiedewantara Journal.

Kristianti, P., & Loisa, R. (2021). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan dalam Komunitas Wadah Pemimpin. Koneksi, 5(1), 106–112. https://doi.org/10.24912/KN.V5I1.10187

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. W. (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna, VI(1).

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/MFZUJ

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2020). Strategi Public Relations SmartSpin PR dalam Membangun Brand Image Klien (Studi Pada Re:ON comics). Prologia, 3(2), 320–326.

Syahidan, M. I., Herbowo, A. B., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Analisis Kebutuhan Pelanggan Pospay Kota Bandung Menggunakan Servqual, Model Kano, Dan Teknik Triangulasi. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(01), 60–64.