Analisis Media Monitoring terhadap Shop Tokopedia pada 21 April - 21 Maret 2024

Main Article Content

Callista Zharfa Rahmadhani
Centurion Chandratama Priyatna
Hanny Hafiar

Abstract

The synergy obtained from the Tiktok Shop and Tokopedia shopping platforms can provide innovation in shopping trends in the digital business world. The official launch of the two platforms resulted in a new name, Shop Tokopedia. As a shopping platform, Shop Tokopedia is able to create opportunities for MSMEs throughout Indonesia with a dynamic and more interactive buying and selling concept. The results of the merger encourage the need for media monitoring to measure, observe, and analyze the sentiment and insights generated by the media, both social and non-social media. In this research, the method used is descriptive qualitative with ethnographic studies based on observations of the digital world. The observation data was collected using a media monitoring platform, Brand 24, with a period of March 21-April 21, 2024. The selection of this period is to monitor media activity on the official response to Shop Tokopedia. Based on the data generated, it shows positive sentiment and high engagement among non-social media, namely news pages, blogs, and websites. For this reason, it can be concluded that the synergy between Tiktok Shop and Tokopedia is welcomed by the mass media.

Sinergi yang diperoleh dari platform belanja Tiktok Shop dan Tokopedia dapat memberikan inovasi dalam trend belanja di dunia bisnis digital. Resminya kedua platform tersebut menghasilkan nama baru yakni Shop Tokopedia. Sebagai platform belanja, Shop Tokopedia mampu menciptakan peluang bagi UMKM di seluruh Indonesia dengan konsep jual-beli yang dinamis dan lebih interaktif. Dari hasil merger tersebut mendorong diperlukan adanya media monitoring yang bertujuan untuk mengukur, mengobservasi, dan menganalisis sentimen dan inisght yang dihasilkan oleh media baik media sosial maupun non media sosial. Pada penelitian ini metode yang digunakan merupakan deskriptif kualiitatif dengan studi etnografi yang didasari oberservasi dunia digiital. Oberservasi data tersebut dihimpun menggunakan platform media monitoring yakni Brand 24 dengan pemilihan jangka waktu 21 Maret - 21 April 2024. Pemilihan periode tersebut untuk memantau aktivitas media terhadap respon resminya Shop Tokopedia. Berdasarkan data yang dihasilkan, menunjukan sentimen yang positif serta engagement yang tinggi di kalangan media non media sosial yakni laman berita, blogs, dan website. Untuk itu, dapat disimpulkan sinergi Tiktok Shop dan Tokopedia disambut baik oleh kalangan media massa.


Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Callista Zharfa Rahmadhani, Universitas Padjadjaran

Fakultas Ilmu Komunikasi

Centurion Chandratama Priyatna, Universitas Padjadjaran

Fakultas Ilmu Komunikasi

Hanny Hafiar, Universitas Padjadjaran

Fakultas Ilmu Komunikasii

References

Annur, C. M. (2023). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. Retrieved May 1, 2024, from databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/22/indonesia-punya-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-di-dunia

Aurellia, F. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations, 3(2), 149–160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210

CNBC Indonesia. (2023). Fakta-fakta TikTok Shop Dilarang Jualan dan Bertransaksi. Retrieved May 1, 2024, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/news/20230928143840-8-476248/fakta-fakta-tiktok-shop-dilarang-jualan-dan-bertransaksi

CNBC Indonesia. (2024). Gelar Public Expose, GOTO Jelaskan 3 Hal Penting Ini. Retrieved May 1, 2024, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/market/20240228122940-17-518280/gelar-public-expose-goto-jelaskan-3-hal-penting-ini

Effendi, M. W., Hendra, Y., & Matondang, A. (2019). Persepsi Masyarakat tentang Citra Pemerintah Kota Medan Melalui Akun Media Sosial Instagram @humas_pemkomedan. Perspektif, 8(1), 20–26. https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i1.2541

Haryanti, T., & Subriadi, A. P. (2022). E-commerce Acceptance in the Dimension of Sustainability. Journal of Modelling in Management, 17(2), 715–745. https://doi.org/10.1108/JM2-05-2020-0141

Hutagalung, S. S., Kartika, T., & Suciska, W. (2023). Media Monitoring Analysis of Government Image in Infrastructure Development in Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 212–227. https://doi.org/10.24912/jk.v15i1.20605

Riyanto, G. P., & Pertiwi, W. K. (2024). TikTok Shop Resmi Berubah Nama Jadi Shop Tokopedia. Retrieved April 23, 2024, from Kompas.com website: https://tekno.kompas.com/read/2024/04/04/09350087/tiktok-shop-resmi-berubah-nama-jadi-shop-tokopedia

Septiandy, M. D., Hamim, N., & Nurbaiti. (2024). Analisis Perkembangan Tokpedia dan Gojek Pasca Merger Sebagai Goto dan Kolaborasinya Dengan Tiktok Terhadap Perekonomian. Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 14–20. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i2.632

Susanto, R., & Pribadi, M. A. (2023). Pemasaran Digital dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus pada Prestige Images Motorcars). Kiwari, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.23060