Analisis Media Monitoring terhadap Shop Tokopedia pada 21 April - 21 Maret 2024
Main Article Content
Abstract
Sinergi yang diperoleh dari platform belanja Tiktok Shop dan Tokopedia dapat memberikan inovasi dalam trend belanja di dunia bisnis digital. Resminya kedua platform tersebut menghasilkan nama baru yakni Shop Tokopedia. Sebagai platform belanja, Shop Tokopedia mampu menciptakan peluang bagi UMKM di seluruh Indonesia dengan konsep jual-beli yang dinamis dan lebih interaktif. Dari hasil merger tersebut mendorong diperlukan adanya media monitoring yang bertujuan untuk mengukur, mengobservasi, dan menganalisis sentimen dan inisght yang dihasilkan oleh media baik media sosial maupun non media sosial. Pada penelitian ini metode yang digunakan merupakan deskriptif kualiitatif dengan studi etnografi yang didasari oberservasi dunia digiital. Oberservasi data tersebut dihimpun menggunakan platform media monitoring yakni Brand 24 dengan pemilihan jangka waktu 21 Maret - 21 April 2024. Pemilihan periode tersebut untuk memantau aktivitas media terhadap respon resminya Shop Tokopedia. Berdasarkan data yang dihasilkan, menunjukan sentimen yang positif serta engagement yang tinggi di kalangan media non media sosial yakni laman berita, blogs, dan website. Untuk itu, dapat disimpulkan sinergi Tiktok Shop dan Tokopedia disambut baik oleh kalangan media massa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Annur, C. M. (2023). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. Retrieved May 1, 2024, from databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/22/indonesia-punya-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-di-dunia
Aurellia, F. R., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations, 3(2), 149–160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210
CNBC Indonesia. (2023). Fakta-fakta TikTok Shop Dilarang Jualan dan Bertransaksi. Retrieved May 1, 2024, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/news/20230928143840-8-476248/fakta-fakta-tiktok-shop-dilarang-jualan-dan-bertransaksi
CNBC Indonesia. (2024). Gelar Public Expose, GOTO Jelaskan 3 Hal Penting Ini. Retrieved May 1, 2024, from CNBC Indonesia website: https://www.cnbcindonesia.com/market/20240228122940-17-518280/gelar-public-expose-goto-jelaskan-3-hal-penting-ini
Effendi, M. W., Hendra, Y., & Matondang, A. (2019). Persepsi Masyarakat tentang Citra Pemerintah Kota Medan Melalui Akun Media Sosial Instagram @humas_pemkomedan. Perspektif, 8(1), 20–26. https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i1.2541
Haryanti, T., & Subriadi, A. P. (2022). E-commerce Acceptance in the Dimension of Sustainability. Journal of Modelling in Management, 17(2), 715–745. https://doi.org/10.1108/JM2-05-2020-0141
Hutagalung, S. S., Kartika, T., & Suciska, W. (2023). Media Monitoring Analysis of Government Image in Infrastructure Development in Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 212–227. https://doi.org/10.24912/jk.v15i1.20605
Riyanto, G. P., & Pertiwi, W. K. (2024). TikTok Shop Resmi Berubah Nama Jadi Shop Tokopedia. Retrieved April 23, 2024, from Kompas.com website: https://tekno.kompas.com/read/2024/04/04/09350087/tiktok-shop-resmi-berubah-nama-jadi-shop-tokopedia
Septiandy, M. D., Hamim, N., & Nurbaiti. (2024). Analisis Perkembangan Tokpedia dan Gojek Pasca Merger Sebagai Goto dan Kolaborasinya Dengan Tiktok Terhadap Perekonomian. Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 14–20. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i2.632
Susanto, R., & Pribadi, M. A. (2023). Pemasaran Digital dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus pada Prestige Images Motorcars). Kiwari, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.24912/ki.v2i1.23060