Hubungan Konten Marketing Instagram Reels @Ocistok dengan Minat Beli Konsumen

Main Article Content

Reynard Jeremy Ali
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Content marketing is a marketing strategy where content is produced with the aim of providing information about the product being marketed to target consumers in a persuasive manner. To promote import services, Ocistok uses Instagram social media which is managed by the marketing team. This research wants to know the influence of Instagram Reels @Ocistok marketing content on consumer buying interest. Research shows that there is an influence of Instagram reels @Ocistok marketing content of 71.6% on consumer buying interest. Meanwhile, the remaining 28.4% is influenced by other factors


Pemasaran konten adalah strategi pemasaran dimana konten diproduksi dengan tujuan memberikan informasi tentang produk yang dipasarkan kepada target konsumen secara persuasif. Untuk mempromosikan jasa impor, Ocistok menggunakan media sosial Instagram yang  dikelola oleh tim marketing. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh konten pemasaran Instagram Reels @Ocistok terhadap minat beli konsumen. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konten marketing instagram reels @Ocistok sebesar 71,6% terhadap minat beli konsumen. Sementara 28,4% sisanya dipengaruhi faktor lain.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Mitra Wacana Media.

Durianto, & Liliana. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft dan Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan menggunakan Customer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UNDIP.

Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill Companies.

Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika.

Kennedy, J., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication Taktik dan Strategi. PT Buana Ilmu Populer.

Kotler, A. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, Bowen, & Makens. (2014). Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler;Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Dalam Edisi Millenium, Jilid 1 (Vol. 1, Issue 2). Erlangga.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (4 ed.). Erlangga.

Lidyawati. (2008). Hubungan antara Intensitas Menonton Iklan di Televisi dengan Perilaku Konsumtif.

Meilyana, E. (2018). Content Marketing.

Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.

Morissan. (2014). Periklanan – Komunikasi Pemasaran Terpadu. Media Group.

Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rosdakarya.

Nickles, W. G. (1984). Marketing Communication and Promotion.

Phillip Kotler. (2015). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Pramita, A. (2016). Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Ramdina Prakasa.

Pulizzi, J. (2009). Get Content Get Customer: Turn Prospects into Buyers with Content Marketing. The McGraw-Hill Companies.

Rebecca Lieb. (2012). Content Marketing: Think Like a Publisher - How to Use Content to Market. Dalam Que. Que Publishing.

Siyoto, Sandu, & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Suaka Media.

Sudjiono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).

Sugiyono. (2018b). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulaksana, U. (2005). Integrated Marketing Communication. Pustaka Pelajar.

Suyono, A., Sukmawati, S., & Pramono. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen Mewujudkan Layanan Prima (2 ed.).