BTS sebagai Brand Ambassador dan Minat Pemakaian Aplikasi GoFood

Main Article Content

Pingky Fordora
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Gojek is an application-based transportation technology services company from Indonesia to make people's lives easier. Gojek offers an online food ordering service called GoFood. This service allows consumers to order food and drinks online from home, while facilitating product delivery by food and drink suppliers. GoFood collaborates with BTS, one of the idols from South Korea, to become a brand ambassador. This research is intended to find out how interested students are in using the GoFood application with the presence of the BTS brand ambassador. This research uses a quantitative approach with a purposive sampling method. Research shows the influence of BTS as brand ambassadors on interest in using the GoFood application. This statement is reinforced by the results of the t test and r test, that the influence of BTS as brand ambassadors has an influence of 54.5% on interest in using the GoFood application.


Gojek adalah perusahaan jasa teknologi transportasi berbasis aplikasi asal Indonesia untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Gojek menawarkan layanan pemesanan makanan online bernama GoFood. Layanan tersebut memungkinkan konsumen memesan makanan dan minuman secara online dari rumah, sekaligus memfasilitasi pengiriman produk oleh pemasok makanan dan minuman. GoFood menggandeng BTS salah satu idola dari Korea Selatan untuk menjadi brand ambassador. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar minat mahasiswa menggunakan aplikasi GoFood dengan kehadiran brand ambassador BTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penarikan purposive sampling. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh BTS sebagai brand ambassador  terhadap minat pemakaian aplikasi GoFood. Pernyataan ini diperkuat dari hasil uji t dan uji r, bahwa pengaruh BTS sebagai brand ambassador memiliki pengaruh sebesar 54,5% terhadap minat pemakaian aplikasi GoFood.

Article Details

Section
Articles

References

Alkatiri, S., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal EMBA, 5(2), 1781–1792.

detikcom, T. (2020, June 5). Protokol Kesehatan Pesan Makan Online di Era New Normal. Detikfinance.

Ellen, & Yoedtadi, M. G. (2022). Pengaruh Iklan BTS Selalu Ada Selalu Bisa terhadap Minat Pemakaian Aplikasi Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Kiwari, 1(1), 100–106.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembeliaan di Tokopedia. IQTISHADequity, 2(2), 117–119.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. 3(2). www.investor.iddi

Mulyadi, M. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA (Vol. 15, Issue 1).

Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 360–360.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis (Edisi Revisi). Penerbit IN MEDIA.

Tambunan, F., Junipriansa, D., & Yusiana, R. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Sean Gelael Terhadap Keputusan Pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) (Studi Pada Konsumen Transmart Buah Batu, Bandung 2019). 5(2).

Yusiana, R., & Maulida, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond???s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran). Jurnal Ecodemica Universitas BSI.