Strategi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Trading dalam Membangun Kepercayaan Konsumen

Main Article Content

Philipus Vardiman Jefriwinata Hia
Yugih Setyanto

Abstract

The Covid-19 pandemic has had an impact on conventional businesses, giving rise to people's interest in starting a trading business. Trading is one of the business options for turning over money in a long or short term process. As time went by, the trading business experienced a decline due to the large number of frauds against the public, resulting in a negative image. People are careful when doing trading business. This research wants to know the marketing communication strategies of trading companies in building public trust. This research found that the crisis that has become a problem in the world of the Indonesian capital market is caused by people's negligence in understanding market trading. Capital market education needs to be improved, so that is what trading companies are doing by releasing new innovations. The company makes good use of various social media platforms.


Pandemi Covid-19 berdampak pada bisnis konvensional sehingga memunculkan minat masyarakat memulai bisnis trading. Trading merupakan salah satu bisnis pilihan untuk memutar uang dengan proses yang jangka panjang maupun pendek. Seiring berjalannya waktu, bisnis trading mengalami penurunan dikarenakan banyaknya penipuan terhadap masyarakat sehingga muncul citra yang negatif. Masyarakat berhati-hati dalam melakukan bisnis trading. Penelitian ini ingin mengetahui strategi komunikasi pemasaran perusahaan trading dalam membangun kepercayaan masyarakat. Penelitian ini menemukan bahwa  krisis yang menjadi permasalahan dalam dunia pasar modal Indonesia disebabkan karena kelalaian masyarakat dalam memahami market trading. Edukasi pasar modal perlu ditingkatkan sehingga hal itulah yang dilakukan oleh perusahaan trading dengan mengeluarkan inovasi baru. Perusahaan memanfaatkan berbagai platform media sosial dengan baik.

Article Details

Section
Articles

References

Accurate. (2022). Trading Adalah: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Kerugiannya. PT Cipta Piranti Sejahtera.

Admin Materi. (2022). 25 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli [Lengkap]. Materi Belajar.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media. Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif, Medan: Wal Ashri Publishing.

Gabrielle. (2021). Pengaruh Webinar Mahadana Asta Berjangka Via Zoom Terhadap Minat Masyarakat Berangkat ke Dalam Bisnis Trading Internasional. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.

Gamal, T. (2021). Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Serupa.Id.

Jefkins, F. (1995). Public Relations (alih bahasa oleh Haris Munandar). Jakarta: Erlangga. Panuju, R. (2018). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi, Jakarta: Prenadamedia.

M. Prawiro. (2022). Pengertian Dokumentasi: Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contoh Dokumentasi. Maxmanroe.

Pakar Komunikasi. (2022). 10 Definisi Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli. PakarKomunikasi.Com.

Punggawa, A. D. (2021). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU KAMPANYE “YUK NABUNG SAHAM” DALAM MENCIPTAKAN BRAND POSITIONING. Institutional Repository.

Putri, E. K. (2021). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVESTOR PASAR MODAL DARI PRAKTIK PERDAGANGAN ORANG DALAM (INSIDER TRADING). Repository Unhas.

Salma. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian Menurut Ahli, Jenis-Jenis, dan Karakteristiknya. Deepublish.

Seputar Pengetahuan. (2022). Pengertian Minat Menurut Para Ahli Faktor dan Contohnya. Seputar Pengetahuan.

Sisca. (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.