Personal Branding dan Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial TikTok

Main Article Content

Michael Phung
Roswita Oktavianti

Abstract

The development of today's technology greatly influences the development of society in using social media, people are now equipped with high knowledge in using social media. The development of social media also affects many people who can now be used for profit such as finding followers, even selling. As in this study, students in their tiktok accounts introduced many products such as pants, clothes and many other products. In order to do this, we need personal branding, where personal branding is our identity or our leading face on social media. With all the uniqueness, abilities, and ideas that we have, we can attract people on social media. With the development of social media, especially the tiktok application, where many people take advantage of this opportunity to sell, and with the various facilities provided. With the formation of personal branding, it can be a reference for everyone where it can build an image to promote products to be sold, with attractive personal branding, of course, it will attract the public to be able to choose the items that will be needed. In this study using a quantitative method in which in this study there were also 100 respondents from followers of the social media tiktok @mursid241. From the results regarding the research carried out by the author, it shows that in this study there was an influence from the personal branding of the @mursid241 tiktok account on purchasing decisions on followers of the tiktok account @mursid241.


Perkembangan teknologi zaman sekarang ini sangat mempengaruhi perkembangan masyarakat dalam menggunakan media sosial, masyarakat sekarang sudah dibekali dengan pengetahuan yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Perkembangan media sosial juga mempengaruhi banyak orang yang sekarang bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan seperti mencari followers, bahkan berjualan. Seperti dalam penelitian ini yang dilakukan mursid dalam akun tiktoknya banyak memperkenalkan produk seperti celana, baju dan masih banyak produk lainnya. Untuk menjalankan itu semua diperlukan yang Namanya personal branding, dimana personal branding adalah sebagai identitas diri kita atau wajah terdepan kita di media sosial itu. Dengan segala keunikan, kemampuan, dan ide yang kita miliki bisa menjadi daya tarik masyarakat di media sosial. Dengan berkembangnya media sosial yang khsusnya adalah aplikasi tiktok yang dimana banyak orang memanfaatkan kesempatan itu untuk berjualan, dan dengan berbagai macam kemudahan yang diberikan. Dengan sudah terbentuknya personal branding bisa menjadi acuan setiap orang dimana hal tersebut bisa membangun citra untuk mempromosikan produk yang akan dijual, dengan personal branding yang sudah menarik tentunya akan menarik masyarakat juga untuk bisa memilih barang yang akan dibutuhkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimana dalam penelitian ini juga terdapat 100 responden dari followers media sosial tiktok @mursid241. Dari hasil mengenai Penelitian yang dijalankan oleh penulis menunjukkan dalam penelitian ini terdapat pengaruh dari personal branding akun tiktok @mursid241 terhadap keputusan pembelian pada followers akun tiktok @mursid241.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin, Suci. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Produk Yamaha Pada Pt. Yamaha Alfa Scorpii Flamboyan. 1–98.

Bustam, Nur Hasanah. (2017). Pengaruh Jumlah Unit, Pdb Dan Investasi Umkm Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Indonesia Periode 2009-2013. Kutubkhanah, 19(2), 250– 61.

Cahyono, Anang, and Athoillah Islamy. (2020). Fikih Media Sosial Di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam 5(2), 202–25.

Christanisa, Shintadea. (2021). Analisa Faktor-Faktor Dalam Membangun Personal Branding Seorang Influencer. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen 11(2).

Estrella, Nathasya. (2021). Pengaruh Motivasi Pembaca Media Online Tempo.Co Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Generasi Z.

Fitri Ariani, Liliyana. (2020). Konstruksi Personal branding Penulis Fiksi di Sosial Media (Studi Kasus Penulis Fiksi Ika Natassa di Twitter). Akrab Juara 5, 73–84.

Natanael, Shandy Axel, dan Farid Rusdi. (2020). Studi Pemain Basket Samuel Pelmelay Dalam Membangun Personal Branding Rookie of the Year Indonesian Basketball League (IBL). Prologia 4(2), 251.

Salam, Oryza Devi. (2020). Personal branding Digital Natives Di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal branding Di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal 2(1), 19–30.

Than, F., S. Supardjo, and E. D Takumansang. (2018). Studi Uji Korelasi Pengembangan Kebutuhan Air Minum. Spasial 5(1), 1–9.

Raharjo, Farco Siswiyanto. (2019). The Master Book of Personal branding. Anak Hebat Indonesia.