Analisis Semiotika Serial Black Mirror the National Anthem (Penjabaran Proses Kerja Public Relations dalam Menangani Krisis)

Main Article Content

Steven Yaputra
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

This research is focused on describing how Government Public Relations works, especially in handling crisis. The following research is done by using a film for its research subject, the film is Black Mirror Season 1 Episode 3 “The National Anthem” which is telling us a story about a princess from Britain’s Royal Family that has been abducted, and Britain’s Prime Minister is the one that held the responsibilities, in order to save the princess, the Prime Minister must do such a humiliating act in front of all Britain’s news stream. This research was done with qualitative method and the data’s which are used are coming from the researcher’s observation and documentation, thereafter the data in form of screen captured of the movie scene will be analyzed with semiotics analysis model by Charles Sanders Peirce to find the explanations which will be classified into 3 categories such as Sign, Object, and Interpretant. After the processing of the data, researcher will connect the result with Public Relations theories in handling crisis. Then the data validity will be tested with data source triangulation through literature study which are from journals, books, research and existed interview. This research’s purpose is to describe to reader about how Public Relations work especially in terms of handling crisis. In this research, the researcher also found out that Public Relations needs to be adaptive to the situations occurred and being objective in judging what actions to take for the accomplishment of the goals, public relations also must act quickly.


Penelitian ini difokuskan untuk menggambarkan bagaimana Public Relations pemerintahan bekerja, terutama dalam menangani krisis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan film sebagai subjek penelitiannya. Film yang digunakan dalam penelitian ini adalah Black Mirror Season 1 Episode 3 “The National Anthem” yang menceritakan tentang seorang putri keluarga bangsawan Inggris diculik, dan Perdana Menteri Inggris yang dipaksa untuk melakukan tindakan memalukan demi membebaskan sang putri. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dan data yang digunakan merupakan data yang berasal dari observasi dan dokumentasi peneliti, kemudian data yang berbentuk dokumentasi tangkapan adegan akan dianalisa dengan metode analisa semiotika model Charles Sanders Peirce untuk menemukan penjelasan yang dibagi ke dalam tiga klasifikasi yaitu sign, object, & interpretant. Setelah data diolah dan dihubungkan dengan teori fungsi Public Relations, selanjutnya data akan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber data yang didapatkan melalui studi kepustakaan yang berasal dari jurnal, buku, hasil penelitian dan wawancara yang sudah pernah ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjabarkan kepada pembaca mengenai kerja Public Relations khususnya dalam manajemen krisis, adapun rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah mempertanyakan bagaimana kerja Public Relations dalam menangani krisis untuk menjaga citra baik organisasi menurut film Black Mirror The National Anthem. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Public Relations perlu untuk bersifat adaptif terhadap kondisi dan perlu bertindak cepat dalam penanganannya, Public Relations pun perlu objektif dalam menilai tindakan apa yang perlu diambil demi tercapainya tujuan organisasi bukan tujuan perorangan.

Article Details

Section
Articles

References

Akmalsyah, R. (2010). ANALISIS SEMIOTIK FILM A MIGHTY HEART. Konsentrasi Jurnalistik. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3342

Azhar, A. (2003). Media Pembelajaran (Vol. 1). PT Raja Grafindo Persada. https://www.onesearch.id/Record/IOS6530.ai:slims-329#description

Basri, H. (2014). Using Qualitative Research in Accounting and Management Studies: Not a New Agenda.

Journal of US-China Public Administration, 11. https://doi.org/10.17265/1548-6591/2014.10.003

Bittner, J. R. (1989). Mass Communication, an Introduction (illustrated, Vol. 5). Prentice Hall. https://worldradiohistory.com/BOOKSHELF-ARH/Education/Mass-Communications-An- Introduction-2nd-Bittner-1980.pdf

Harlim, C., & Sukendro, G. G. (2020). Proses Komunikasi Organisasi di dalam Biro Iklan di Ada Indonesia dan Ada Singapura. Koneksi, 3(2), 501. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6491

Kriyantono, R. (2018). Public relations, issue & crisis management: pendekatan critical public relations, etnografi kritis & kualitatif (1st ed.). Prenadamedia Group. https://onesearch.id/Record/IOS2883.JABAR000000000103971#description

Malik, M. H., & Sukendro, G. G. (2021). Representasi Makna Etika Makan Budaya Jawa dalam Film Kersanan Ndalem. Koneksi, 5(2), 289. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10307

Wibowo, I. S. (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi praktis bagi penelitian dan skripsi komunikasi (2nd ed.). Mitra Wacana Media. https://onesearch.id/Record/IOS3605.INLIS000000000004117/Preview#details