Pengaruh Iklan YouTube terhadap Brand Awareness

Main Article Content

Sherina Gavrila
Wulan Purnama Sari

Abstract

In this day and age, technology and information are increasing, many new games have appeared that are of interest to Generation Z children. One of them is Tower OF Fantasy, an RPG genre game developed by a Chinese company called Hotta Studio. developed and published by Level Infinite. Even if many games have the same or similar genres, developers try to make their games available to the masses. Hotta Studio uses a communication strategy in the form of advertising. Hotta Studio uses YouTube advertising to increase brand awareness. The purpose of this study was to determine the impact of Tower of Fantasy YouTube advertising on brand awareness. This study used a quantitative method through a survey method using a survey as a data collection method. The results of data analysis using a simple linear regression test showed that the coefficient of determination was 0.475, which corresponds to YouTube Tower of Fantasy influence and brand awareness of 47.5%. Also, using a simple linear regression test, we can see that the value of the regression coefficient is 0.482, so it can be translated that for every 1 level of YouTube advertising costs, the value of brand awareness increases. about 0.482., which means that the direction of influence of X and Y is positive. 


Di era sekarang ini teknologi dan informasi kian berkembang banyak bermunculan banyak game baru yang diminati oleh anak-anak gen z. Salah satunya adalah Tower OF Fantasy yang merupakan game bergenre action RPG yang dibuat oleh perusahaan asal China yaitu Hotta Studio dan dipublikasikan oleh Level Infinite. Walaupun banyak game memiliki genre yang sama atau serupa , para developer berusaha untuk memperkenalkan game hasil buatan mereka kepada publik. Hotta Studio menggunakan salah satu strategi komunikasi yaitu berupa iklan. Hotta Studio menggunakan iklan YouTube untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan oleh iklan YouTube Tower of Fantasy terhadap brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui metode kuesioner menggunakan survei sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari analisis data melalui uji regresi linear sederhana menunjukan hasil besarnya koefisien determinasi sebesar 0,475 yang menunjukan bahwa pengaruh variabel iklan YouTube Tower of Fantasy dan Brand Awareness adalah sebesar 47,5%. Melalui uji regresi linear sederhana juga dapat dilihat bahwa nilai koefisien regresi sebesar 0,482 maka dapat diterjemahkan untuk setiap kenaikan 1% biaya variabel iklan YouTube, skor kesadaran merek meningkat sebesar 0,482, yang dapat diartikan bahwa arah pengaruh X dan Y adalah positif.

Article Details

Section
Articles

References

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Penerbit Universitas Terbuka. www.ut.ac.id.

Fourqoniah, F., & Fikry Aransyah, M. (2020). Pengantar Periklanan Buku Ajar. Lakeisha.

Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Riset, 1(1), 001–015.

Stephanie Halim, K., & Purnama Sari, W. (2022). Pengaruh Iklan Scarlett Whitening di Aplikasi TikTok terhadap Brand Awareness Generasi Z.