Analisis Motivasi Pecinta Budaya Jepang dalam Membeli Kaos Uniqlo X Jujutsu Kaisen

Main Article Content

Marcella Marcella
Nigar Pandrianto

Abstract

This research is about a person’s desire to make a decision to buy merchandise. Popular Japanase culture entered Indonesia, including in the form of anime and manga. Making fans want to buy their favorite anime merchandise and make purchasing decisions. Motivation consists of intrinsic motivation. There are five stages of purchasing decisions starting form identification of needs, information search, evalution of alternatives, purchase decisions and post-purchase behavior. This study uses a qualitative methodology and case studies. The results of this study were to find out how motivated Jakarta Otaku are in purchasing decisions for Uniqlo X Jujutsu Kaisen T-Shirts. Purchase motivation can also be related to a person’s level of parasocial. The higher parasocial level, the more fans will want to buy merchandise. Uniqlo’s collaboration with Jujustu Kaisen in Indonesia can be said to have attracted the attention of Otaku. Evidenced by the fact that almost all Uniqlo outlets in Indonesia have run out of stock.


Penelitian ini mengkaji tentang keinginan seseorang dalam mengambil keputusan pembelian merchandise. Masuknya kebudayaan Jepang populer ke Indonesia di antaranya dalam bentuk anime dan manga membuat para penggemar ingin membeli merchandise anime favoritnya. Hal tersebut membuat adanya motivasi para penggemar untuk membeli merchandise dan membuat keputusan pembelian. Motivasi terdiri dari motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Keputusan pembelian ada lima tahapan yang dimulai dari mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana motivasi otaku Jakarta dalam keputusan pembeliankaos Uniqlo X Jujutsu Kaisen. Motivasi pembelian juga dapat dikaitkan dengan tingkat interaksi parasosial seseorang. Semakin tinggi tingkat tingkat parasosial maka penggemar akan semakin ingin membeli merchandise. Kolaborasi Uniqlo dengan Jujutsu Kaisen di Indonesia bisa dikatakan banyak menarik perhatian otaku. Terbukti dengan habisnya persediaan hampir di seluruh gerai Uniqlo di Indonesia.

Article Details

Section
Articles

References

Andrika, A. P. (2021, November 18). Sinopsis Anime Jujutsu Kaisen: Kisah Anak SMA Menjadi Kutukan. Dipetik Oktober 17, 2022, dari liputan6.com: https://www.liputan6.com/on-off/read/4705308/sinopsis-anime-jujutsu-kaisen-kisah-anak-sma-menjadi-kutukan

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12 (12th ed.). Jakarta: Indeks.

Salma, N. (2021). Sinopsis Jujutsu Kaisen | Subindo. Dipetik Oktober 17, 2022, dari viu.com

Tarmidzi, D. S. (2012). Hubungan Antara Tipe Kepribadian: Ekstrovert dan Introvert Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia Program S1 Reguler. Universitas Indonesia.

Wahidati, L., Kharismawati, M., & Mahendra, O. A. (2018). Pengaruh Konsumsi Anime Dan Manga Terhadap Pembelajaran Budaya Dan Bahasa Jepang. Izumi,7(1), 1.

Yulian, S. B., & Sugandi, M. S. (2019). Perilaku Komunikasi Otaku dalam Interaksi Sosial (Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas Jepang Soshonbu Bandung). Jurnal Komunikasi, 13(2), 191–200.