Interaksi Simbolik dalam Pembuatan Konten Media Sosial Untuk Menciptakan Brand Awareness di Agensi Periklanan Sevenads

Main Article Content

Lianny Lianny
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Along with the times, communication has been facilitated by the internet. The internet is one of the media that is widely used as the dissemination of information. The development of internet media makes social media also develop into various forms. Instagram is the social media that people are most interested in. On the Instagram platform it can be used as marketing by using content marketing. Content Marketing functions to introduce products according to the characteristics of the company's products. Sevenads Indonesia uses content marketing to introduce brands from its clients to consumers. In content marketing, it is expected to create brand awareness to find out how far a brand is known by consumers, the process is described using symbolic interaction theory. This study discusses the role of symbolic interaction in the process of creating social media content at the Sevenads Indonesia advertising agency to create brand awareness. Researchers use Mead's theory to discuss symbolic interaction, content marketing by Kotler, Kartajaya, Setiawan and brand awareness by Suciningtyas. In this study, researchers used a qualitative exploratory case study method. The results of the study show that in the process of creating social media content at the Sevenads Indonesia advertising agency, there is success in creating brand awareness.


Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi sudah dipermudah dengan adanya internet. Internet merupakan salah satu media yang banyak digunakan sebagai penyebaran informasi. Perkembangan media internet membuat media sosial juga berkembang menjadi beragam. Instagram sebagai media sosial yang paling diminati masyarakat. Pada platform Instagram dapat digunakan sebagai pemasaran dengan menggunakan content marketing. Content marketing berfungsi untuk mengenalkan produk sesuai dengan ciri khas dari produk perusahaan. Sevenads Indonesia menggunakan content marketing untuk mengenalkan merek dari kliennya ke konsumen. Dalam content marketing, diharapkan dapat menciptakan brand awareness untuk mengetahui sejauh mana suatu merek dikenal oleh konsumen, prosesnya dijabarkan menggunakan teori interaksi simbolik. Penelitian ini membahas bagaimana peran interaksi simbolik dalam proses pembuatan konten media sosial di agensi periklanan Sevenads Indonesia untuk menciptakan brand awareness. Peneliti menggunakan teori dari Mead untuk membahas interaksi simbolik, content marketing oleh Kotler, Kartajaya, Setiawan dan brand awareness oleh Suciningtyas. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus eksploratoris kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembuatan konten media sosial di agensi periklanan Sevenads Indonesia, terdapat keberhasilan dalam menciptakan brand awareness.

Article Details

Section
Articles

References

Ma’aruf, A. R. S., & Putra, D. K. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial

Instagram Terhadap Personal Branding Joko Widodo Pada Pemilih Pemula

Pemilu 2019. Journal Acta Diurna, 15(2), 1.

https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2019.15.2.2129

Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, I. S. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari

Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion

Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di

Jakarta). Prologia, 4(1), 201. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476

Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, brand image, dan media

communication terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal,

(1).

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi.

Jakarta: Salemba Humanika.