Peran Brand Ambassador Perusahaan E-Sport dalam Menumbuhkan Loyalitas Penggemar

Main Article Content

Kellie Wen
Roswita Oktavianti

Abstract




This research aims to find out about the role of ESport company brand ambassadors in growing fan loyalty. ESports or electronic sports is a term for the competitive world of multi- player video game games or competitions. Meanwhile, brand ambassadors are individuals or groups appointed as icons or identities to represent certain products as the best image representation of a product, so that consumers can be attracted and invited to buy or use the product with expertise and attractiveness. The theory used to support this research is public opinion. This study uses a qualitative method. Data collection in this research used focus group discussion techniques. The subjects of this research were brand ambassador followers and ESport followers on social media. In accordance with the objectives of this research, the author wants to see how public opinion is regarding the role and influence of brand ambassadors in growing fan loyalty for ESport companies. This research shows that the influence of a brand ambassador in building fan loyalty for an E-Sport company is very important. Apart from that, this research shows the importance of visibility, credibility, attraction and brand ambassador power indicators to grow or increase fan loyalty.





Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran brand ambassador perusahaan ESport dalam menumbuhkan loyalitas penggemar. ESports atau electronic sports adalah sebuah istilah untuk dunia kompetitif dalam game atau kompetisi video game pemain jamak. Sementara Brand ambassador atau duta merek adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, sehingga konsumen dapat tertarik dan diundang untuk membeli atau menggunakan produk dengan keahlian dan daya tarik. Teori yang dipakai untuk mendukung penelitian ini adalah opini publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion atau diskusi kelompok. Subjek dari penelitian ini adalah pengikut brand ambassador dan pengikut ESport di media sosial. Sesuai dengan tujuan dari dari penelitian ini, maka penulis ingin melihat bagaimana opini publik terhadap peran dan pengaruh brand ambassador dalam menumbuhkan loyalitas penggemar untuk perusahaan ESport. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh seorang brand ambassador dalam membangun loyalitas penggemar untuk perusahaan E-Sport sangatlah penting. Selain itu penelitain ini menunjukkan hasil bahwa pentingnya indicator visibility, credibility, attraction, dan power brand ambassador untuk menumbuhkan atau meningkatkan loyalitas penggemar.







Article Details

Section
Articles

References

Faidillah Kurniawan. (2019). E-Sport Dalam Fenomena Olahraga Kekinian. Jurnal Olahraga Prestasi, 15(2).

Fransisca Juanda Kurniawan. (2014). Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, Dan Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–8.

Galang Surya Gumilang. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.

Ikhsan, M., Suharyono, P., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengguna Line Di Asia). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol (Vol. 12, Issue 1).

Puji Rianto. (2011). Opini Publik, Agenda Setting, Dan Kebijakan Publik. Jurnal Komunikasi, 31–40.

Zaldhi Yusuf Akbar, S. Psi. , M. Psi. , P. (N.D.). Esport, Positif Atau Negatif. Psikologi Ump Purwokerto).

Maxmanroe.Com. M. Ichsan Medina. (2021). Serba-Serbi Esports, Industri Kompetitif Yang Semakin Populer Di Indonesia. Apa Itu Personal Branding? Pengertian Dan Cara Membangun Personal Branding. (2020, October 5).

Faidillah Kurniawan. (2019). E-Sport Dalam Fenomena Olahraga Kekinian. Jurnal Olahraga Prestasi, 15(2).

Usman, O., Bus, M., & Aryani, Y. (N.D.). The Effect Of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, And Price On Purchase Intention. Https://Ssrn.Com/Abstract=3511672 Ikhsan,

Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan.